Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Oversubscribed, Alpha JWC Ventures Menutup Dana Kelola Sebesar US$ 433 juta

BACA JUGA




“Perjalanan kami dan portofolio Alpha JWC Ventures selama ini telah membuktikan bahwa startup Indonesia dan Asia Tenggara mampu bersaing di kancah global,” terang Chandra, pekan lalu

Alpha JWC Ventures telah berhasil menghimpun pendanaan senilai lebih dari US$ 1 miliar tahun ini. Alpha JWC Ventures juga merupakan investor institusional pertama di tiga startup berstatus unicorn pada tahun 2021. Yaitu Kredivo, Carro dan Ajaib. 

Alpha JWC Ventures juga mencatat 11 perusahaan yang mendekati status unicorn atau  centaur. Seperti Kopi Kenangan, GudangAda, Lemonilo, dan Modalku.

Perjalanan Alpha JWC Ventures dimulai dengan peluncuran Fund I sebesar US$ 50 juta pada 2016. Dana kelolaan tersebut mengalir ke 23 perusahaan rintisan di Asia Tenggara, mayoritas di Indonesia. Lebih dari 90% dari perusahaan tersebut kini telah menerima pendanaan lanjutan. 

Selanjutnya, Fund II Alpha JWC Ventures ditutup pada tahun 2019 secara oversubscribed dengan jumlah US$ 143 juta. Dana kedua ini telah diinvestasikan ke 30 perusahaan. 

Fund I telah menghasilkan 37% internal rate of return (IRR) dan Fund II menghasilkan 87% IRR. Alpha JWC Ventures juga telah menghasilkan sembilan exit.

Di antaranya akuisisi media bisnis DealStreetAsia oleh Nikkei, akuisisi co-working space Spacemob oleh WeWork, dan akuisisi perusahaan SaaS Base.vn oleh perusahaan teknologi terbesar di Vietnam FPT Corporation. (yos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER