Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XIDR, Stablecoin Berdenominasi Rupiah Pertama di Indonesia dari StraitsX

BACA JUGA




FinTechnesia.com | StraitsX, platform aset digital Asia Tenggara yang dikembangkan Xfers, financial technology (fintech) Singapura yang memiliki izin dari Monetary Authority of Singapore (MAS) untuk penerbitan uang elektronik, mengumumkan peluncuran stablecoin keduanya, XIDR untuk wilayah Asia Tenggara (ASEAN). Setiap token XIDR memiliki nilai yang sama dengan Rp 1 dan akan tersedia di ekosistem StraitsX.

Stablecoin adalah mata uang kripto yang menjembatani aset kripto dengan uang fiat. Harganya dipatok pada aset cadangan seperti dollra Amerika Serikat (AS) atau emas. Jadi, dapat mengurangi volatilitas dibandingkan jenis aset kripto lain.

XIDR akan menjadi stablecoin berdenominasi rupiah pertama di atas blockchain Ethereum dan Zilliqa. Dengan masing-masing XIDR memiliki nilai yang sama dengan Rp 1. Lalu disimpan dan dilindungi di institusi finansial teregulasi di Indonesia. 

XIDR diterbitkan PT Xfers StraitsX Indonesia, anak perusahaan Fazz Financial Group di Indonesia. Fazz Financial Group telah memperoleh izin penerbitan e-money dan transfer dana dari Bank Indonesia. 

Sejalan misi Fazz Financial Group memberdayakan masyarakat dan mendorong adopsi keuangan digital, StraitsX menawarkan jalan alternatif bagi pengguna melakukan transaksi keuangan atas nama nasabah yang tidak memiliki akses ke bank dan atau tidak memiliki rekening bank. 

Head of StraitsX, Aymeric Salley mengatakan, riset Google menyebutkan 66% dari 275 juta penduduk Indonesia tidak memiliki rekening bank. 

“Seiring pertumbuhan fintech, blockchain, dan ruang aset digital di Indonesia, serta permintaan yang kuat atas stablecoin berdenominasi rupiah, XIDR memberikan jalan untuk mendemokratisasi, mempercepat, dan membuka akses ke aset digital bagi individu dan bisnis-bisnis di Asia dan sekitarnya,” terang Aymeric, Senin (22/11). 


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER