Bank BNI Mendukung Potensi Ekspansi UMKM ke Pasar Luar Negeri Dengan Xpora

FinTechnesia.com | Pasar ekspor membuka potensi ekspansi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lebih besar. Ini seiring upaya Bank BNI mengakselerasi program BNI Xpora. 

Ariani Wibawa Januar, pengurus Batik Arjuna Cemerlang menuturkan, kondisi ekonomi akhir tahun menjadi momentum memulihkan. Sekaligus mengejar target yang tertunda sejak tahun lalu. 

Dia menyampaikan usaha yang dirintis sejak 1966 ini telah mampu mencetak ekspor hingga US$ 5 miliar. Bahkan, Batik Arjuna Cemerlang lebih optimistis melipatgandakan kinerjanya dua kali lipat hingga US$10 miliar dalam satu dasawarsa ke depan. 

Ariyani menyampaikan optimisme usahanya tidak lepas dari dukungan BNI. Bank internasional ini tidak hanya memfasilitasi pembiayaan dan manajemen payroll. Juga proaktif membuka pasar-pasar baru untuk ekspor. 

“Sejauh ini kami sudah hadir di semua negara Eropa. Seperti Jerman, Inggris Prancis dan Australia. Arjuna Batik Cemerlang mendapat banyak masukan dan akses. Sehingga kami bisa sudah bisa ekspansi ke negara lain seperti Nigeria, Rusia, Finlandia, serta Amerika,” kata Ariyani, Rabu (24/11). 

Founder Aryasena Handycraft, Rezha Pramudiati mengatakan, BNI telah membuka cakrawala bisnisnya. Selama ini, Aryasena sudah melakukan kegiatan ekspor, tetapi tidak pernah melakukan ekspansi secara agresif dengan BNI. 

Aryasena sekarang sudah mampu ekspor setidaknya 4 kontainer dalam sebulan. Dan terus meningkat seiring dengan bertambahnya mitra global melalui BNI Xpora. 

“BNI sangat membantu dalam proses ini, mulai dari memberi saya kesempatan ikut pameran. Lalu rapat via zoom antara saya dengan buyer yang difasilitasi oleh BNI,” sebutnya.