Telkom Akan Konsolidasikan Data Center di Satu Entitas

FinTechnesia.com | PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mencatatkan pertumbuhan kinerja. Hngga September 2021, laba bersih konsolidasian mencapai Rp18,9 triliun atau tumbuh 13,1% yoy.

Pada platform digital, data center dan cloud masih menjadi fokus bisnis Telkom. Seiring meningkatnya aktivitas para pemain bisnis digital.

Platform data center dan cloud yang kuat menjadi kunci penting bagi Telkom menghadirkan beragam layanan dan solusi digital untuk meningkatkan pengalaman digital pelanggan.

Perseoran mencatat pendapatan bisnis data center dan cloud hingga kuartal III 2021 sebesar Rp 1,1 triliun. Tumbuh 19,7% yoy. 

Baca juga: Laba Bersih Telkom Rp 18,9 Triliun, Tumbuh 13,1%

Telkom memiliki 26 data center. Terdiri dari 21 data center domestik dan 5 data center berada di luar negeri. Termasuk data center tier 3 dan 4 di Jurong, Singapura.

Demi memberikan valuasi lebih besar, Telkom tengah melakukan review dan penilaian terhadap rencana konsolidasi data center menjadi satu entitas di bawah TelkomGroup.

Rencana ini masih dalam tahap kajian untuk memperoleh opsi terbaik demi penciptaan nilai yang optimal baik bagi TelkomGroup dan stakeholders. Proses ini rencananya dapat selesai direalisasikan sekitar 2-3 tahun kedepan.

“IPO Mitratel menjadi satu milestone penting bagi TelkomGroup dalam memantapkan langkah sebagai digital telco. Kami tengah mengkaji opsi terbaik demi value creation optimal. Agar dapat memberikan dukungan yang signifikan dalam pengembangan ekosistem digital,” ungkap Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, Rabu (24/11). (nau)