Selasa, 23 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mesin Penukaran Botol Plastik Plasticpay Sudah Semakin Menyebar

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Plasticpay Teknologi Daurulang, platform sosial digital entitas usaha PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), teru memperbanyak pemasangan mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis. Mesin yang disebut Reverse Vending Machine (RVM) ini diletakkan di tempat-tempat umum seperti mall dan minimarket.

Hingga saat ini, terdapat 7 unit RVM hasil kolaborasi dengan berbagai pihak. Seperti Bank Syariah Indonesia (BSI), Grand Indonesia Mall, Danone-Aqua, Alfamart dan juga Sahabat
Sirkulasi Semesta.

Langkah salah satu upaya mengumpulkan lebih banyak sampah botol plastik langsung dari
pengguna. Tercatat per November 2021, Plasticpay berhasil mengumpulkan lebih dari 19 ton sampah botol plastik melalui ratusan dropbox yang dipasang diberbagai titik di Jabodetabek.

CEO Plasticpay dan Direktur INOV, Suhendra Setiadi mengatakan, disamping menambah jumlah RVM, Plasticpay juga terus menambah jumlah Plasticpay Dropbox. Saat ini sudah terpasang lebih dari 200 unit.

Perusahaan menargetkan hingga akhir tahun 2021 dapat memasang sekitar 10 unit RVM dan 300 unit Plasticpay Dropbox.

Mendukung terwujudnya circular economy di Indonesia, Plasticpay bersama INOV, menggandeng berbagai komunitas dan UMKM untuk menciptakan produk-produk yang terbuat dari daur ulang sampah plastik yang bernilai ekonomis tinggi.

Dengan demikian, langkah-langkah perusahaan tidak hanya menjaga lingkungan, tapi turut
membantu masyarakat dari segi perekonomian.

“Kita bisa mulai menerapkan gaya hidup minim sampah, memilah sampah dari rumah, serta menukarkan sampah botol plastik melalui fasilitas yang kami sediakan. Sehingga bisa menghasilkan uang,” ujar Suhendra. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER