Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Alibaba Cloud Gunakan Teknologi Lebih Bersih dan Ramah Lingkungan Saat Festival Belanja Global 11.11

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Alibaba Cloud untuk pertama kali memigrasikan seluruh sistem dan operasional Alibaba Group ke sistem cloud. Ini menjelang festival belanja global terbesar di dunia.

Dengan menggunakan 100% teknologi cloud-native selama Festival Belanja Global 11.11, sumber daya komputasi (computing resource) berhasil dikurangi 50% pada setiap 10.000 transaksi dibandingkan tahun lalu. Efisiensi komputasi juga meningkat p 20% dalam penyebaran teknologi, dan 30% dalam pemanfaatan sumber daya CPU.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan ‘kekuatan komputasi awan ramah lingkungan. Yakni sistem digital rendah karbon. Guna mendorong aktivitas keberlanjutan dan pengembangan yang inklusif di masyarakat,” ujar Cheng Li, Chief Technology Officer, Alibaba Group, pekan lalu.

Festival Belanja 11.11 Alibaba Group merupakan momentum tepatmendorong teknologi berkelanjutan dan inovasi yang cerdas. “Kami smenawarkan teknologi yang sudah terbukti ini agar dapat melayani para pelanggan yang lebih banyak dari berbagai industri dan sektor,” lanjut Cheng.

Alibaba Cloud telah memanfaatkan berbagai teknologi ramah lingkungan. Seperti pendingin berbahan cair (liquid cooling) dan energi bertenaga angin pada data center berskala besar untuk mendukung terlaksananya festival belanja 11.11 berkelanjutan.

Tahun ini, penggunaan energi yang terbarukan di data center Alibaba di Zhangbei, telah membantu menurunkan emisi karbon sebanyak lebih dari 26.000 ton. Atau sama dengan jumlah CO2 yang diserap oleh satu juta pohon setiap tahun.

Selain itu, skala penyebaran Hanguang 800, chip inferensi berbasiskan AI pertama dari Alibaba yang diluncurkan pada 2019 lalu. Secara signifikan berhasil meningkatkan efisiensi pencarian produk dan pemberian rekomendasi produk selama Festival Belanja Global 11.11.

Performa algoritma pada fungsi pencarian di situs e-commerce Taobao juga meningkat sebayak 200%. Sementara biaya energi (energy costs) berkurang 58%.

M6, model AI skala besar milik Alibaba juga memulai debutnya pada festival tahun ini. Guna meningkatkan operasional AI-intensif. Seperti dalam mendesain pakaian yang didukung oleh tenaga AI.

Baca juga: Single’s Day Alibaba 2021 Berakhir, Catat GMV US$ 84,54 Miliar

Penggunaan teknologi ini telah mengurangi waktu secara signifikan. Dari yang sebelumnya memakan waktu beberapa bulan, menjadi hanya kurang dari dua pekan.

Sehingga, M6 ini telah berhasil mendorong peningkatan efisiensi dalam rantai produksi. Diperkirakan, desain yang mendukung M6 yang digunakan bersamaan dengan material yang ramah lingkungan, mengurangi jejak karbon pada manufaktur pembuat kaos sebanyak 30%.

Teknologi pengenalan suara (voice recognition), yang telah ditingkatkan dan dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy. Digunakan di aplikasi Taobao sebagai bagian dari “mode senior” (senior mode). M emudahkan para lansia beradaptasi dengan kehidupan digital.

Para lansia juga dapat memanfaatkan fitur terbaru Taobao yaitu, pencarian gambar obat-obatan yang baru saja diluncurkan pada festival tahun ini. Pengguna dapat mencari obat bebas dengan mengambil atau memindai foto kemasan atau wadah menggunakan Pailitao, sebuah mesin pencari gambar yang terdapat di aplikasi Taobao.

Dengan pencarian berbasis foto ini, para lanjut usia tidak perlu lagi mengetik nama obat. Hasil pencarian akan menampilkan informasi tentang obat dan fungsinya.

Selain itu, kendaraan logistik jarak jauh Alibaba “Xiaomanlv” telah digunakan di lebih dari 200 kampus di seluruh Tiongkok. Mendukung pengiriman paket selama berlangsungnya festival tahun ini.

Lebih dari 1 juta paket telah dikirimkan oleh sekitar 350 kendaraan Xiaomanlv selama 10 hari awal periode festival. Melampaui volume paket pengiriman selama 12 bulan, sejak robot logistik ini diluncurkan pada September 2020.

Alat yang dikembangkan oleh DAMO ini dapat menerjemahkan puluhan juta informasi produk untuk mendukung perdagangan lintas batas selama festival.

Platform kolaborasi digital Alibaba, DingTalk, memungkinkan komunikasi instan dan lancar bagi pengguna di lebih dari 30 aplikasi di seluruh ekosistem Alibaba. Telah memproses 606.900 pesan per detik selama waktu puncak selama acara tahun ini. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER