Fitch Ratings Berikan Peringkat Nasional A ke Bank Banten

FinTechnesia.com | Bank Banten semakin kokoh. Fitch Ratings mempertahankan peringkat bank pembangunan daerah (BPD) itu pada level A’(idn). Adapun outlook stabil. 

Pertimbangan rating ini karena besarnya dukungan pemerintah daerah terhadap permodalan Bank Banten. Peringkat nasional ka ngka Panjang ‘A’ menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar rendah dibandingkan emiten atau obligasi lain di negara atau kesatuan moneter yang sama. 

Peringkat bank berkode saham BEKS didorong dukungan dan mencerminkan ekspektasi Fitch akan dukungan luar biasa, meskipun kecil, dari negara jika diperlukan. 

Perseroan kini diimbangi permodalan yang memadai. Seharusnya memberikan bank penopang yang memadai untuk menyerap kerugian dalam jumlah kecil.

Direktur Utama Bank Banten, Agus Syabarrudin, menuturkan, peringkat ini menyebabkan pihaknya kian optimis menghadapi bisnis di 2022. 

“Dukungan pemerintah daerah melalui penyertaan modal, serta berbagai investor lain melalui skema rights issue merupakan suntikan yang sangat berharga bagi kami dalam mengejar target bisnis,” kata Agus, Kamis (2/12).

Menurutnya Bank Banten masih memiliki ruang sangat besar untuk bertumbuh secara bisnis. “Kami membuka ruang bagi semua pihak untuk berinvestasi dan tumbuh bersama kami. Tahun 2022, insya Allah performa bisnis akan terus terakselerasi,” ujar Agus. (yof)