Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

DANA Mencuil Peluang dari Industri Game Online dan E-Sport Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Industri game dan eSports bisa menjadi motor kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Maka, DANA memberikan dukungan terhadap pengembangan industri game dan eSports di tanah Air.

Dukungan dengan menyediakan platform pembelian voucher game yang aman, mudah dan nyaman. Juga perluasan kemitraaan dengan distributor game, maupun melalui edukasi dan pembentukan komunitas pecinta game.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), industri game menjadi salah satu industri yang tetap tumbuh di saat pandemi. Menyumbang Rp 24,88 triliun atau sekitar 2,19% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia di 2020.

Industri game yang masuk ke dalam program prioritas nasional 2021. Menempati posisi ketujuh penyumbang terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif Indonesia.

“Melalui kegiatan DANA Mabar, harapannya pelaku ekonomi kreatif digital subsektor permainan dapat menambah wawasan. Saling berbagi pengalaman dan menjadi langkah awal kolaborasi guna mengembangkan ekosistem subsektor game Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Kamis (9/12).

Menurut Statista, jumlah pemain online game di Indonesia mencapai 54,7 juta pada 2020. Meningkat 24% meningkat dibandingkan pada tahun 2019 sebanyak 44,1 juta.

Sementara menurut Newzoo, Indonesia ada di posisi delapan industri industri mobile game dunia. Dengan nilai mencapai US$ 1,5 miliar.

Menurut Sensor Tower, jumlah unduhan mobile game di Indonesia pada kuartal pertama 2021 tumbuh 26%. Mencapai 790 juta unduhan dibandingkan kuartal sama tahun sebelumnya sebanyak 628 juta unduhan.

Indonesia ada di posisi ketiga dunia setelah India dan Brazil dalam hal jumlah unduhan mobile game.

Dan berdasarkan pemantauan DANA, pembelian voucher game menunjukkan tren positif. Dengan rata-rata pengguna aktif bulanan terus meningkat hingga 127,33% di tahun 2021.

Serta lonjakan transaksi hingga 103,95% di Oktober 2021. Dibandingkan Oktober tahun lalu, peningkatan mencapai 28,42%.

“DANA sebagai dompet digital berbasis gaya hidup senantiasa mendukung dengan menyediakan pembayaran voucher gameonline yang aman, mudah, dan nyaman. Lewat pembelian voucher game online di dompet digital DANA, masyarakat kini bisa menikmati dan mengakses game online dengan mudah,” ujar Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA.

Dukungan DANA terhadap industri game dan eSports di Indonesia juga diwujudkan dengan menggelar kompetisi PUBG Mobile dan Lokapala. Dalam turnamen PUBG ini, sebanyak 100 peserta PUBG Mobile termasuk satu peserta profesional bertarung dengan sistem battle royale.

Sementara untuk turnamen Lokapala akan diikuti oleh 10 peserta. Termasuk peserta dari kalangan media. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER