Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Prediksi Layanan Data di Momentum Natal dan Tahun Baru Meningkat 8,38% Dibanding Hari Biasa

BACA JUGA




FinTechnesia.com |  Telkomsel siap mengamankan kapasitas dan kualitas jaringan broadband saat momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Selain itu jaminan ketersediaan produk dan layanan unggulan.

Juga beragam program loyalitas pelanggan, ragam pilihan platform dan layanan digital terdepan. Serta berbagi untuk sesama melalui programcorporate social responsibility (CSR).

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, pada momentum Natal dan Tahun Baru kali ini, Telkomsel membuka peluang melalui optimalisasi infrastruktur jaringan broadband. Agar semua orang bisa tetap terhubung pengalaman digital maksimal walau dalam keterbatasan mobilitas.

“Kami juga melakukan peningkatan layanan pelanggan. Serta menghadirkan program berbagi kebaikan,” kata Nugroho, Rabu (15/12).l

Mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama Natal dan Tahun Baru, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan. Khususnya untukkonektivitas broadband 4G/LTE di 471 point of interest (POI) di seluruh Indonesia. 

POI tersebut mencakup 124 area residensial, 266 area spesial (alun-alun dan pusat perbelanjaan), lima rumah sakit utama penanganan COVID-19, 6 tempat ibadah, serta 70 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi. 

Titik itu meliputi jalur distribusi logistik. Seperti bandara, pelabuhan, stasiun, jalan raya utama, rest area, serta fasilitas umum lainnya.

Sepanjang momentum Natal dan Tahun Baru, dibandingkan hari biasa, Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data (payload) meningkat sebesar 8,38%. Dan khusus malam Tahun Baru 2022 akan melonjak hingga 15,08%. Dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 terabyte (TB). 

Prediksi tersebut juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini. Terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian. 

Seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekitar 23,42%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83% dan layanan streaming video meningkat sekirtar 27,44%.

Layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17%, akses browsing naik 27,92%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekitar 67,29%. 

Sedangkan trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 3,25%. Dan layanan panggilan suara diproyeksi akan turun 4,5%.

Telkomsel mengoperasikan lebih dari 132.000 unit BTS 4G/LTE baru dengan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Meningkatkan kapasitas gateway internet menjadi 7.262 Gbps, hingga memperkuat lebih dari 2.300 BTS USO berteknologi 4G/LTE di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), dan perbatasan negara.

Itu melengkapi lebih dari 247.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95% wilayah populasi.

Telkomsel secara bertahap dan terukur juga terus mengembangkan jaringan 5G. Kini telah dapat dinikmati di sejumlah titik tertentu di DKI Jakarta (Pondok Indah, Widya Chandra, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Menteng, dan kawasan Monas) Banten (BSD dan Alam Sutera), Bandung, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan, dan Bali.

Lalu cakupan jaringan VoLTE Telkomseldapat dinikmati pelanggan di 320 kabupaten/kota. Telkomsel terus memperluas kolaborasi bersama mitra gawai untuk mendukung layanan teknologi VoLTE Telkomsel dan kini telah dapat dinikmati di lebih dari 100 tipe smartphone.

Selain itu, Telkomsel telah menjalankan uji jaringan (drive test) dengan total jarak tempuh mencapai 13.503 km. Juga mencakup 31 ruas tol, Termasuk beberapa yang baru beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, yang memberikan hasil “BAIK” 

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, Natal dan Tahun Baru merupakan perayaan yang sangat diharapkan menjadi momentum bahagia.

“Telkomsel menyediakan produk dan layanan yang customer-centric. Sehingga dapat menemani keseruan pengalaman pelanggan di momen yang penuh semangat berbagi dan kebangkitan serta harapan yang baru.”

Telkomsel telah mengoptimalkan seluruh channel layanan digital untuk pelanggan. Lalu Aplikasi MyTelkomsel sendiri kini telah dilengkapi sejumlah tambahan fitur unggulan.

Seperti kemudahan bagi pelanggan dalam pembelian pulsa ataupun paket layanan telekomunikasi lain menggunakan ragam opsi pembayaran elektronik. Seperti LinkAja, GoPay, OVO, Dana dan Kredivo. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER