Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Terra Drone Indonesia Inspeksi Visual Pada Tangki dan Boiler Chemical Plant

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Terra Drone Indonesia belum lama ini menyelesaikan pekerjaan inspeksi visual tangki di salah satu plant perusahaan chemical yang berlokasi Cilegon, Banten. Tujuan inspeksi ini adalah untuk menemukan anomali atau defect di permukaan rubber tangki.

Terra Drone Indonesia menggunakan 2 drone, yaitu Elios 1 dan Elios 2. Kedua drone ini dibuat oleh manufaktur yang sama.

Hanya, Elios 2 adalah generasi yang terbaru dibandingkan Elios 1. Drone ini memang dibuat untuk mendukung kegiatan inspeksi visual di ruangan terbatas (indoor).

Keuntungan penggunaan drone dalam inspeksi visual ini ialah penyelesaian pekerjaan lebih efisien baik dari sisi waktu dan biaya. Untuk melakukan inspeksi visual di dalam tangki ini, membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari.

Waktu tersebut lebih singkat dibanding metode konvensional. Bisa memakan waktu hingga dua pekan.

Selain melakukan inspeksi visual pada tangki, Terra Drone juga melakukan inspeksi visual pada objek lain di lokasi yang sama, yaitu boiler.

Drone diterbangkan di elevasi 40 meter untuk melakukan pengecekan di area yang memang sulit dijangkau oleh metode konvensional. Hasilnya, beberapa defect yang terdapat pada tube dapat ditangkap oleh kamera drone

Hasil data visual inspeksi drone ini yakni foto dan video berkualitas tinggi. Data tersebut nantinya dapat digunakan inspektor untuk melakukan analisa integrity tangki tersebut.

Managing Director Terra Drone Indonesia, Michael Wishnu Wardana mengungkapkan, cara kerja drone yang lebih efektif dan efisien ini, diperkirakan akan semakin merambah ke industri kimia. Khususnya yang memiliki infrastruktur besar seperti tangki.

“Terra Drone Indonesia terus menawarkan teknologi ini. Berupa demonstrasi atau pekerjaan inspeksi visual dan termal kepada berbagai perusahaan chemical, petrochemical, power plant dan sebagainya,” terang Michael, Kamis (16/12). (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER