Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ongkos Transfer Antarbank Turun Jadi Cuma Rp 2.500, Bisa 24 Jam dan Kirim Pakai Nomor HP

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Indonesia Fast Payment (BI-FAST) resmi diluncurkan Selasa (21/12). BI-FAST adalah infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan BI. 

Sistem ini dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan industri sistem pembayaran, dalam memfasilitasi transaksi ritel masyarakat. 

Implementasi BI-FAST oleh bank kepada nasabah dilakukann bertahap sesuai dengan rencana bank mempersiapkan kanal pembayaran bagi nasabah mereka masing-masing. 

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan, BI-FAST sebagai salah satu implementasi dari visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025. Dan merupakan bentuk transformasi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata serta mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional. 

BI-FAST merupakan inisiatif nasional (national driven) untuk menciptakan infrastruktur sistem pembayaran ritel lebih efisien. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi ekonomi dan keuangan yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal. 

“Saya berharap peluncuran BI-FAST akan mempercepat digitalisasi ekonomi keuangan nasional. Mengintegrasikan ekosistem industri sistem pembayaran secara end-to-end dari perbankan digital, fintech, e-commerce, dan konsumen, mendorong inklusi ekonomi keuangan, serta mendorong pemulihan ekonomi nasional,“ ungkap Perry, Selasa (21/12).

Ketua Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Santoso Liem menyampaikan, dukungan dan komitmen industri terkait inisiatif tersebut.

BI-FAST akan menjadi backbone infrastruktur sistem pembayaran ritel masa depan. Mengakselerasi pembayaran menggunakan berbagai instrumen dan kanal secara real time, aman, mudah, dan beroperasi 24/7.

Bank sentral mengenakan tarif sebesar Rp 19 dari ke bank peserta. Dan maksimal Rp 2.500 dari bank peserta ke nasabah.

Sementara itu tarif SKNBI kepada nasabah saat ini sebesar Rp 2.900. Dan RTGS sebesar Rp 25.000 – Rp 50.000.“Skema harga BI-Fast juga murah untuk memenuhi kebutuhan rakyat,” ujar Perry.

BI-Fast beroperasi selama 24 jam. Sehingga penyelesaian transaksi dapat diselesaikan secara real time.

Pengiriman dana antar nasabah dapat dilakukan lebih cepat. Diklaim hanya memakan waktu sekitar 25 detik.

Keunggulan BI-Fast lain, kemudahan mengirim uang melalui proxy address. Berupa nomor handphone atau alamat e-mail nasabah.

Proxy adress untuk membuat alias nomor rekening nasabah. Pendaftaran nomor telepon atau alamat e-mail dapat dilakukan nasabah ke platform aplikasi perbankan.

Dengan fitur tersebut, nasabah yang ingin mengirimkan dana hanya perlu menggunakan nomor telepon atau e-mai lsebagai pengganti nomor rekening nasabah.

Pada tahap awal di Desember 2021, implementasi BI-FAST fokus pada layanan transfer kredit individual dengan 21 Peserta Batch 1. Bagi calon peserta lain yang belum masuk sebagai peserta Batch 1, BI tetap membuka gelombang-gelombang berikutnya untuk menjadi peserta BI-FAST. 

Selanjutnya, layanan BI-FAST diperluas secara bertahap mencakup layanan bulk credit, direct debit, dan request for payment. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER