Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Siapkan Kapasitas Jaringan Dua Kali Lipat di Musim Natal dan Tahun Baru

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata memastikan kesiapan jaringan menghadapi kemungkinan lonjakan trafik, menjelang libur panjang Natal dan pergantian tahun.

Pada liburan akhir tahun ini diperkirakan cukup banyak masyarakat melakukan perjalanan ke luar kota. Terutama ke destinasi wisata di berbagai daerah. 

Seiring hal itu, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik penggunaan layanan data dan telekomunikasi pada jaringan XL Axiata.

Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa memperkirakan, selama periode Natal dan Tahun Baru terjadi peningkatan trafik sekitar 5%-10% dibandingkan kondisi normal hari biasa di bulan sebelumnya. 

Dengan asumsi sebagian masyarakat mulai berani melakukan perjalanan berlibur atau setidaknya pulang kampung. Berarti banyak pelanggan menggunakan layanan data. 

“Kami memperkirakan, akses ke layanan video streaming meningkat seiring meningkatnya tren berbagi dokumentasi video. Baik secara langsung atau melalui media sosial,” kata Gede, Selasa (21/12).

Pada tahun-tahun sebelumnya sebelum pandemi, di sepanjang libur akhir tahun, trafik layanan, terutama data selalu meningkat signifikan. Pada dua tahun terakhir, trafik data hanya meningkat sekitar 3% dibandingkan trafik hari normal di bulan sebelumnya.

XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas sebesar dua kali lipat dari hari normal. Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, selain juga fokus di area residensial. 

Kota-kota tersebut terutama di jalur utama mudik. Seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya dan Malang. Selain itu juga Merak, Bandar Lampung, hingga Palembang di jalur Jawa ke Sumatera.

Tim XL Axiata juga sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan. 

Selain itu, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah. Baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER