Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dukung Lahirnya Unicorn Lokal, Ini Langkah Telkom

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkom Indonesiai terus mengakselerasi transformasi digital dan mendukung terwujudnya kedaulatan digital Indonesia. 

Salah satu wujud komitmen emiten berkode saham TLKM membangun dan mengembangkan masyarakat digital melalui Gerakan Akselerasi Generasi Digital.

Gerakan ini membangun talenta, inovasi, perusahaan rintisan, dan soonicorn (soon to be Unicorn) yang menguatkan dan mengakselerasi kemajuan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.Akselerasi generasi digital dilakukan dengan tiga cara. 

Pertama, mempersiapkan telenta digital melalui program micro credential Kemendikbud yang berisi program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. 

Kedua, mempersiapkan para generasi muda masa depan. Dengan pembekalan digital yang komprehensif serta melibatkan BUMN untuk kegiatan training dan mentoring melalui program Indonesia Digital Tribe. 

Ketiga, menyiapkan pendanaan bagi para startup anak bangsa melalui Merah Putih Fund inisiasi dari Kementerian BUMN.

Indonesia Digital Tribe (IDT) adalah program digital entrepreneurship untuk generasi muda Indonesia. Hasil kerja sama Kementerian BUMN, Narasi, ITDRI, Telkom, BRI, dan Bank Mandiri. 

Program ini  bertujuan menyiapkan talenta digital muda Indonesia yang siap berkontribusi dan berkarya menjadi digital-ready talent atau digital entrepreneur.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, pandemi telah mempercepat tingkat adopsi digital masyarakat sekaligus transformasi digital itu sendiri sekitar tujuh tahun lebih cepat. Sehingga perlu memaksimalkan digitalisasi agar bisa leapfrog dan menyejajarkan Indonesia dengan negara maju lainnya. 

“Telkom hadir untuk mendorong digitalisasi tersebut melalui penyediaan konektivitas, platform, dan layanan digital,” kata Ririek, Rabu (23/12).

Telkom telah memiliki Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI). Ini langkah Telkom mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera, mandiri dan berdaya saing melalui riset, inovasi, dan pembelajaran yang dilakukan secara terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi terkini. ITDRI akan berperan aktif dalam menjalankan program Indonesia Digital Tribe.

Selanjutnya, Merah Putih Fund merupakan modal ventura Kementerian BUMN untuk membangun ekosistem startup di Indonesia. Merah Putih Venture Fund dikelola oleh lima corporate venture capital BUMN. 

Terdiri dari Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan BNI Ventures. 

Merah Putih Fund menargetkan dana kelolaan hingga US$ 300 juta. Nantinya akan melakukan investasi ke soonicorn (soon to be Unicorn) di Indonesia.

Terakhir, Micro Credential merupakan program magang dan studi independen bersertifikat yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Bertujuan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) berpengalaman agar dapat langsung terjun ke dalam dunia nyata atau industri dalam bidang AI untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dan Society 5.0. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER