Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Inovasi My I-Pond, Solusi Monitoring Kualitas Air untuk Petambak Ikan Nila Raih Penghargaan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kompetisi sociopreneurship muda bidang teknologi digital, Innovillage 2021 telah mencapai babak akhir. Rangkaian tahapan diakhiri dengan awarding Anugerah Innovillage 2021: Young Heroes in Act # yang diselenggarakan secara hybrid di Telkom Corporate University Bandung dan disaksikan masyarakat di seluruh Indonesia pada Senin (20/12). Momen puncak ini dihadiri oleh

Direktur Human Capital Management Telkom, Afriwandi menyerahkan, penghargaan kepada pemenang Best Of The Best yang diraih oleh tim dari Telkom University.

Yakni dengan inovasi My I-Pond – Monitoring Kualitas Air pada Sungai Ponggok Berbasis IoT sebagai Mitigasi Gagal Panen untuk Petambak Ikan Nila di Desa Nganjat, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Pemenang dipilih karena memiliki penilaian kemanfaatan/dampak kepada masyarakat yang tertinggi. Serta potensi yang paling besar untuk keberlanjutan dan pengembangan kedepannya.

“Kompetisi Innovillage 2021 ini menunjukkan, banyak inovasi yang memberikan dampak sosial dan ekonomi dengan mengoptimalkan teknologi digital,” ujar Afriwandi, Rabu (22/12).

Innovillage merupakan program yang diinisiasi Telkom. Menjembatani antara inovasi dari dunia pendidikan dalam hal ini mahasiswa dengan kebutuhan masyarakat desa untuk meningkatkan kesejahteraan melalui digitalisasi.

Program yang memasuki penyelenggaraan tahun kedua ini menerima sebanyak 479 proposal social project dari 67 perguruan tinggi. Dan diharapkan menghasilkan inovasi membantu masyarakat desa menyelesaikan berbagai masalah sosial. Dengan total pendanaan sebesar Rp 1,8 miliar dari Telkom.

Proses implementasi social project dilaksanakan selama enam pekan oleh para mahasiswa dengan terjun langsung ke tengah masyarakat mengaplikasikan inovasi yang diajukan.

Berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring implementasi social project di lapangan, terpilih TOP 15 semifinalis melaju ke tahap selanjutnya di babak final yaitu presentasi bisnis. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER