Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Qatar Airways Maskapai Pertama yang Lakukan Transaksi Karbon di IATA ACE

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Qatar Airways dan Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional atau International Air Transport Association atau (IATA) mengumumkan bahwa Qatar Airways menjadi maskapai pertama yang melakukan transaksi di IATA Aviation Carbon Exchange (ACE) menggunakan IATA Clearing House (ICH).

IATA Aviation Carbon Exchange (ACE) adalah platform di mana maskapai penerbangan dan pemangku kepentingan penerbangan lainnya dapat memperdagangkan unit pengurangan emisi CO2 untuk tujuan kepatuhan atau pengurangan emisi secara sukarela.

Dengan lingkungan perdagangan yang aman dan mudah digunakan, ACE menawarkan transparansi tertinggi dalam hal harga dan ketersediaan unit pengurangan emisi sambil menyederhanakan proses bagi operator udara untuk mengakses pasar karbon untuk mencapai target dekarbonisasi mereka.

Saat ini, IATA dan Qatar Airways mencapai tonggak penting yang mendorong pasar karbon untuk menanggapi kebutuhan sektor penerbangan.

Inisiatif ini memungkinkan peluang untuk menyederhanakan proses guna memastikan keberhasilan implementasi Skema Penyeimbangan dan Pengurangan Karbon untuk Penerbangan Internasional (Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation atau CORSIA) yang diadopsi oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (Civil Aviation Organization atau ICAO), sambil mendukung keberhasilan implementasi program pengurangan emisi sukarela.

Dengan melakukan transaksi ACE menggunakan IATA Clearing House (ICH), Qatar Airways mendapat manfaat dari IATA Settlement Systems dan Clearing House untuk transaksi yang mulus dan bebas risiko.

Hal ini menegaskan kembali ambisi industri Qatar Airways untuk mencapai target iklim sambil terus mendorong inovasi dan membawa manfaat sosial, lingkungan, maupun ekonomi lainnya.

“Negara Qatar adalah salah satu negara yang secara sukarela berpartisipasi dalam fase percontohan ICAO CORSIA.”

“Sebagai pemimpin dalam penerbangan, Qatar Airways didorong oleh visi kelestarian lingkungan yang ambisius dan kami bertekad untuk mendukung Qatar dalam upaya ini dengan tetap mematuhi skema global.”

“Kami menyambut baik penggunaan IATA Aviation Carbon Exchange (ACE), karena memungkinkan maskapai penerbangan untuk berinvestasi di unit pengurangan emisi CORSIA yang memenuhi syarat, yang selanjutnya mendukung komitmen Qatar Airways untuk berinvestasi di masa depan rendah karbon, serta mengurangi risiko keuangan kami,” tutur Chief Executive Qatar Airways Group Akbar Al Baker dalam keterangan persnya, Rabu (29/12/2021).


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER