Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Meningkatkan Kualitas Kopi, XL Axiata Kembangkan IoT

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Implementasi internet of things (IoT) semakin melebar. XL Axiata Business Solutions menggandeng SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia).

Keduanya menerapkan solusi berbasis IoT Smart Coffee Monitoring. Solusi ini untuk meningkatkan kualitas produk kopi dan efisiensi biaya operasional. 

Chief Enterprise & SME Officer, Feby Sallyanto XL Axiata mengatakan, berdasarkan hasil data Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, tingkat konsumsi kopi meningkat 7% setiap tahun. Untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan memiliki nilai mutu tinggi, diperlukan usaha menjaga konsistensi kualitas kopi. 

“Salah satu yang bisa kita tempuh adalah memanfaatkan solusi berbasis IoT seperti XL Smart Coffee Monitoringini,” ujar Feby, pekan lalu.

Menurut Feby, solusi IoT ini tidak sekadar mendigitalisasi proses produk kopi. Namun benar-benar dapat menjadi personal assistant bagi para petani kopi, khususnya dalam proses fermentasi dan pengeringan. 

Perangkat ini memiliki antara lain fitur notifikasi dan alert yang mengatur batas atas dan batas bawah di setiap variabel. 

Lalu memberikan peringatan jika kondisi lingkungan melewati batas tersebut supaya biji kopi tidak over-processed atau under-processed
Terlebih jika terdapat perubahan kondisi iklim dan cuaca. 

Pengguna bisa memonitor data-data tersebut kapan saja dan di mana saja melalui perangkat selulernya. 


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER