Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Masyarakat Berpenghasilan Rendah dan Tidak Tetap Bisa Dapat KPR, Ini Skemanya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF berkolaborasi dengan Pinhome. Keduanya memberikan akses luas pemilikan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan berpenghasilan tidak tetap (non fixed income).

Caranya melalui kredit pemilikan rumah (KPR) dengan skema sewa beli (rent to own). 

Dalam kerja sama ini, SMF berperan sebagai penyedia dana. Disalurkan melalui lembaga keuangan dengan skema refinancing atas kredit sewa-beli yang telah disalurkan lembaga keuangan dan dengan agunan yang diikat fidusia.

“Dana yang dialirkan untuk berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Yang digunakan sebesar-besarnya demi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ungkap Heliantopo, Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF, Kamis (30/12).

Kerja sama ini nantinya akan merealisasikan program KPR Sewa Beli dengan skema rent to own. Merupakan produk untuk meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan rendah non fixed income terhadap pemilikan rumah.

KPR Sewa Beli menawarkan solusi pemilikan rumah yang dapat menjadi jembatan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Khususnya masyarakat berpenghasilan rendah atau non fixed income yang selama ini masih terkendala dalam memenuhi administrasi perbankan.

“Melalui kerjasama ini, Pinhome memberikan alternatif pembiayaan rumah bagi lebih dari 70 juta pekerja dengan pendapatan tidak tetap yang belum memiliki akses ke perbankan,” ungkap CEO-Founder Pinhome, Dayu Dara Permata. 

“Program Cicil di Pinhome ini memang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan berpenghasilan tidak tetap (NFI). “Agar dapat memiliki rumah dengan skema pembiayaan yang menarik.” lanjutnya.

Berbagai kemudahan antara lain uang muka atau DP yang terjangkau, cicilan perbulan seringan biaya sewa rumah, serta opsi kepemilikan rumah di akhir periode program. Sehingga program ini dapat menjadi alternatif bagi peminat properti yang ingin memiliki rumah selain melalui KPR konvensional. Serta diharapkan seluruh lapisan masyarakat terutama yang belum mempunyai akses ke perbankan bisa memiliki rumah hunian. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER