Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Lanskap E-Sports Indonesia Tahun 2021 dan 2022

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Firma komunikasi ASEAN, Vero bermitra dengan Decision Lab untuk menjelajahi lanskap esports di Indonesia saat ini. Kerja sama menelaah karakteristik dan perilaku para gamer dan penggemar esports Indonesia.

Serta saluran komunikasi yang dapat digunakan brand untuk belajar dan membuat keputusan yang lebih tepat tentangbagaimana mereka dapat terlibat dalam ranah esports yang sedangbooming di Indonesia.

Esports, seperti pendahulunya – game, telah berubah dari minat subkultur menjadi kekuatan budaya arus utama, membuka berbagaipeluang bagi merek untuk bergabung.

Di era yang ditandai hiper-individualisme dan hiper-konektivitas, merek harus lebih berempati. Dan mau beradaptasi dengan perubahan cepat dalam lingkup budaya yang semakin menyebar.

Adapun di Indonesia, lebih dari 52 juta penduduk saat ini memainkangame esports. Melihat platform budaya yang besar ini memberikanpeluang bagi Key Opinion Leader (KOL) untuk membangun dan mengembangkan keunikan kepribadian mereka serta konten yang menjangkau audiens. Dan untuk merek, esports secara efisienmerupakan saluran komunikasi baru, dengan semua peluang dan tantangan yang menyertainya.

“Kami melihat besarnya potensi esport di Indonesia merupakan peluang besar bagi brand dan entitas bisnis untuk menciptakan sinergi yang dapat mendukung mereka berkomunikasi. Dengan target konsumen dan meraih pangsa pasar yang lebih luas bagi perkembanganbisnis mereka,” ungkap Sasha Alwani, Direktur Strategic Planning Vero, pekan lalu

Hasil riset yang dilakukan terhadap 470 orang Indonesia berusia 16-41 tahun dengan 3 kategori responden, Yakni gamer, watcher dan streamer ini mencakup beberapa hal.

Demografi. Komunitas E-sports di Indonesia sebagian besar berada di Jakarta. Diikuti  Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun. Sementara dari aspek distribusi gender, Esport di Indonesia masih didominasi oleh pria yakni sebesar 53%. sementara Wanita sebesar 47%.

Esport Genre. Genre E-sports paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming.

Brand Esport Utama. Saat ini, brand E-sports yang paling popular di Indonesia adalah GameLoft untuk kategori publisher game ternama. Dengan persentase sebesar 78%.

Dunia Games sebagai platform berita game terpopuler dengan persentase sebanyak 72% & Youtube Gaming untuk kategori platform streaming (84%) dan watching (91%) paling banyak digunakan. 

Adapun dalam hal selebriti Esports, responden darisemua kategori setuju bahwa EVOS Esports adalah pemain atau Tim paling terkenal di kalangan komunitas. Sementara Jess No Limit memegang gelar sebagai streamer yang paling banyak ditonton

Platform. Terkait dengan perangkat favorit yang digunakan untuk bermain game, sebanyak 69% responden memilih smartphone. Dan 20% lainnya memilih PC sebagai perangkat kedua terbanyak yang digunakan dalam bermain game.

Sebanyakn 27% responden memilih Samsung sebagai merek ponsel terbaik untuk bermain game. Disusul oleh Xiaomi yang menempati urutan kedua dengan perolehan suara sebesar 22%. Dan Oppo sebanyak 13% pada urutan ketiga.

Waktu bermain. Sekitar 82% gamer menyatakan, enang bermain sendiri dan terhubung dengan orang lain secara online. Menurut hasil riset ini, 62% gamer bermain setidaknya 1 kali darisehari dengan durasi sekitar 1 hingga 3 jam setiap sesi. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER