Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ujicoba Teknologi Drone Terra LiDAR One di Tambang Adaro dan Arutmin

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Terra Drone Indonesia, menggunakan teknologi sensor LiDAR (Light Detection and Ranging) melalui Terra LiDAR One, melakukan ujicoba dua perusahaan tambang. Yakni PT Adaro Energy Tbk dan PT Arutmin Indonesia. 

Uji coba tersebut dengan tujuan menampilkan pemanfaatan teknologi Terra Lidar One di site pertambangan. Sehingga mempercepat kegiatan akuisisi data survei, pengukuran stockpile dan kontur di area padat pepohonan. 

Terra LiDAR One diterbangkan di area Site Arutmin Asam-asam dan Site Adaro Tabalong, pada ketinggian 70 meter-100 meter. Dan dapat menjangkau area hingga 20 hektare, dengan durasi terbang 15 menit.

Teknologi yang baru dipasarkan pada bulan Juli lalu ini dirancang untuk kegiatan survei topografi maupun inspeksi 3D. Cara kerja Terra LiDAR One ini ialah dengan menembakkan jutaan titik pancaran laser ke objek dalam satu waktu. Kemudian dimodelkan dalam bentuk point cloud 3 dimensi. 

Point cloud yang dihasilkan kemudian diolah. sehingga membentuk model terkomputerisasi dengan tingkat akurasi yang sangat baik.

Sensor Terra LiDAR One bekerja dengan dipasangkan drone keluaran DJI, yaitu DJI seri Matrice 300 RTK. Ini salah satu drone multirotor terbaik yang saat ini dapat ditemukan di pasaran.

Dibandingkan metode konvensional, terdapat beberapa kelebihan penggunaan teknologi Terra LiDAR One di area pertambangan.

  • Survei menggunakan Terra LiDAR One yang dibawa drone dapat dilakukan dengan cepat dan praktis dibandingkan alat lain seperti mobil atau alat pendorong.
  • Kualitas data LiDAR lebih baik dibanding teknik konvensional lain. Sudut pancaran lebih sempit dari berkas cahaya daripada pemindaian fotogrametri.
  • Penggunaan Terra LiDAR One dapat meningkatkan keselamatan. Pekerja tidak perlu berada di area yang di survei selama proses berlangsung.
  • Pemindaian LiDAR tidak memerlukan banyak pemrosesan pasca pengambilan data.

Michael Wishnu Wardana, Managing Director Terra Drone Indonesia mengungkapkan, Terra LiDAR One digunakan untuk melakukan beberapa pekerjaan survei dan inspeksi. Bukan hanya di area pertambangan tetapi juga sektor lain seperti energi hingga konstruksi. 

“Beberapa perusahaan klien memang sudah mengenal sensor LiDAR dari Terra Drone yang dapat melakukan survei dengan lebih efektif dan efisien. Terutama dalam menghasilkan data dengan akurasi yang tinggi, produktivitas tinggi dan mudah digunakan,” ujar Michael, pekan lalu. (sen)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER