Selasa, 19 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Sepanjang Natal dan Tahun Baru 2022, Trafik Broadband Telkomsel Naik 22%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mengawali tahun 2022, Telkomsel melanjutkan inisiatif optimalisasi jaringan broadband. Yakni saat Natal dan Tahun Baru.

Trafik akses broadband Telkomsel meningkat 10% dari rerata payload hari biasa 2021. Sedangkan dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya, trafik layanan data kali ini melonjak hingga 22%.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, memasuki tahun yang baru ini, Telkomsel tetap antusias membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk terus tumbuh.

“Yakni dengan mengoptimalkan berbagai potensi melalui pemanfaatan teknologi digital yang dihadirkan untuk setiap aspek kehidupan,” kata Abe, sapaan Denny, Senin (3/1).

Selama malam Natal 2021 aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital semakin meningkat. Berdampak pada kenaikan payload jaringan broadband Telkomsel sebesar 6%  dibandingkan hari biasa di tahun 2021. Atau tumbuh 22% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan pada malam pergantian Tahun Baru 2022, lonjakan trafik data mencapai 10% dibandingkan hari biasa 2021. Atau meningkat hingga 20% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Secara keseluruhan, total trafik payload broadband Telkomsel selama Natal dan Tahun Baru kali ini mencapai 44 petabyte (Pb). Tumbuh sekira 20% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Lonjakan trafik komunikasi layanan digital juga didorong dengan peningkatan aktivitas layanan digital. Seperti akses layanan e-commerce yang tumbuh hingga 21%.

Lalu akses social media mencapai 15%, aktivitas browsing tumbuh 11%, streaming video 13%. Kemudian, mobile gaming melonjak 87% dan akses communication (instant messaging dan video conference) mencapai 12%, dibandingan trafik pada hari biasa 2021.

Selain itu, terdapat peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform. Seperti YouTube, Facebook, TikTok, WhatsApp dan Instagram. Ini turut memberikan kontribusi tertinggi terhadap pertumbuhan trafik penggunaan layanan data secara umum.

Berdasarkan wilayah, dibandingkan dengan hari biasa 2021, peningkatan trafik layanan data tertinggi terjadi di wilayah operasional Bogor (Jawa Barat) sebesar 16%. Deli Serdang (Sumatera Utara) dengan peningkatan payload sebesar 15%.

Simalungun (Sumatera Utara) 36%, Bandung (Jawa Barat) tumbuh 10%, dan Bekasi (Jawa Barat) dengan lonjakan hingga 9%.

Di lain sisi, untuk trafik layanan legacy dibandingkan dengan hari biasa 2021, tercatat trafik SMS tumbuh 11%. Sementara trafik layanan suara, turun sekitar 1%.

Pada Natal dan Tahun Baru Telkomsel juga mencatat mobilitas pelanggan yang meninggalkan Pulau Jawa mencapai 3,69 juta. Sedangkan pelanggan yang memasuki wilayah Pulau Jawa mencapai sekitar 3,61 juta. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER