Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Citilink dan GMF Tindaklanjuti Rekomendasi Ditjen Perhubungan Udara

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Citilink Indonesia dan PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) memastikan, seluruh rekomendasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam surat yang dirilis pada 22 Desember lalu selesai ditindaklanjuti. Rekomendasi tersebut dapat diselesaikan lewat sinergi dan koordinasi intensif dari pihak-pihak terkait.

Direktur Utama GMF, Andi Fahrurrozi menyampaikan, pihaknya telah menjalankan sejumlah langkah perbaikan. Setelah GMF melakukan investigasi dan identifikasi terhadap faktor-faktor yang berkontribusi pada status hold item list (HIL) pada brake 19 pesawat milik Citilink yang dioperasikan pada tanggal 1 – 17 Desember 2021 lalu. 

Langkah-langkah perbaikan tersebut d iantaranya mencakup penggantian brake, evaluasi HIL, peningkatan pengawasan, dan perbaikan pengelolaan komponen dan spare part. Dari total 19 pesawat, GMF telah melakukan penggantian brake untuk 18 pesawat Citilink yang tengah beroperasi. 

“GMF memastikan, penggantian brake untuk satu pesawat Citilink yang saat ini tengah menjalani c-check di hanggar GMF dilakukan sebelum pesawat kembali beroperasi,” jelas Andi, pekan lalu,

Langkah perbaikan juga telah dijalankan untuk memastikan kesiapan kebutuhan komponen dan spare part di masa pandemi. Hal tersebut melalui perbaikan aspek perencanaan, serta renegosiasi dengan supplier untuk mendukung penyediaan dan pengiriman spare part. 

GMF tengah membentuk tim khusus untuk memantau dan menuntaskan HIL sesuai prosedur yang berlaku. Seluruh temuan audit yang tertera dalam surat tersebut juga telah diselesaikan.

Direktur Utama Citilink, Juliandra menyatakan, Citilink terus berkoordinasi intensif dengan GMF. Memastikan seluruh rekomendasi Ditjen Hubud telah ditindaklanjuti dengan baik. 

“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan dalam penerbangan. Termasuk mematuhi standar keselamatan penerbangan yang ditetapkan oleh regulator maupun produsen pesawat,” kata Juliandra. 

Juliandra memastikan seluruh pesawat Citilink yang beroperasi berada dalam keadaan aman dan laikterbang sesuai regulasi yang berlaku. Sehingga penumpang dapat bepergian dengan aman dan nyaman ketika terbang bersama Citilink.  

“Tindak lanjut ini menjadi bukti komitmen bersama seluruh elemen yang terlibat bersinergi menjaga kelaikudaraan pesawat terbang dan keselamatan penumpang,” tutup Andi. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER