Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Erick Thohir Akan Terapkan 5G Mining, Apa Maksudnya?

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menteri BUMN, Erick Thohir terus melakukan transformasi dan inovasi BUMN. Tujuannya agar BUMN adaptif dan mampu menjawab tantangan zaman serta berdaya saing global.

Terbaru, Erick melakukan modernisasi pertambangan dengan menerapkan 5G Freeport Smart Mining. Teknologi hasil kolaborasi PT Freeport Indonesia dan Telkom Group ini menjadi yang pertama diterapkan dalam pertambangan di kawasan Asia Tenggara.

5G mining kita akan luncurkan sebagai negara pertama di Asia Tenggara pada tahun ini, di Mei,” ujar Erick, dalam keterangan tertulis, Selasa (11/1).

Penerapan teknologi 5G mining ini lantaran pertambangan di kedaaman tertentu memiliki risiko operasional tinggi. Karenanya, teknologi diterapkan untuk menghindari risiko operasional melalui robot atau autonomous vehicle.

5G Mining juga akan meningkatkan konektivitas integrasi dengan penerapan hyper connect network. Rencananya di sana ada kecanggihan autonomous car atau autonomous truck,” tambah Erick.

BUMN sedang memperbaiki seluruh hilirisasi daripada industri sumber daya alam BUMN. Sumber daya alam kita harus dihilirisasi di kita.

“Jangan setengah jadi atau 100% belum jadi, dikirim ke luar negeri. Akhirnya nanti setelah diproses balik ke kita lagi,” imbuh Erick. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER