Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

UD Trucks Kembangkan Sistem Pengolahan Gas Buang Melalui Katalis Canggih

BACA JUGA




FinTechnesia.com | UD Trucks sebagai salah satu merek kendaraan komersial di Indonesia (d/h Nissan Diesel), memastikan dukungannya dalam penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia pada tahun 2022. 

UD Trucks mengadakan acara bedah teknologi selective catalytic reduction (SCR). UD Trucks mengembangkan sistem pengolahan gas buang melalui katalis canggih.

Ddikenal sebagai sistem SCR urea pertama di dunia untuk truk. Sistem inipertama kali diaplikasikan pada Quon di tahun 2004.

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun menggunakan SCR penerapan standar emisi Euro 4 Ini menjadi ajang pembuktian ketangguhan dan efisiensi mesin UD Trucks serta kemampuannya dalam mengurangi gas buang berbahaya dari hasil pembakaran mesin diesel.

“Kami di UD Trucks berkomitmen selalu mendukung program pemerintah. Khususnya dalam pengurangan emisi kendaraan yang berpengaruh terhadap keberlanjutan di Indonesia. Seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi kami serta diler dan aftermarket kami telah berupaya maksimal untukmenyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan berbagai program perkembangannya,” ujar Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia, Kamis (13/1).

Teknologi SCR merupakan sistem pengolahan emisi yang mengurangi polutan berbahaya. Seperti nitrogen oksida dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran dengan meningkatkan tekanan injeksi.

Sehingga tercipta pembakaran yang sempurna akanmengurangi partikel sisa secara signifikan. Berikutnya NOx akan diolah dengan menggunakan katalis yang berasal dari urea atau dikenal dengan nama AdBlue.

“Jadi teknologi SCR ini bekerja sama dengan cairan AdBlue. Sistem SCR menyuntikan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya. AdBlue sendiri merupakan cairan tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun”, lanjut Chrisnoadhi.

Manfaat penggunaan teknologi SCR ini bagi para pelanggan adalah interval servis lebih lama. Berarti kendaraan lebih banyak digunakanuntuk keperluan bisnis para pelanggan UD Trucks. 

Sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk pemberhentian yang tidak direncanakan. Teknologi SCR dapat mengurasi gas NOx hingga 90% sekaligus mengurangi gas HC dan CO hingga 50%-90%. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER