Dahsyat, Pemilik Kripto Lebih Banyak Ketimbang Investor Saham

FinTechnesia.com | Tahun lalu tingkat kepemilikan kripto global rata-rata mencapai 3,9%. Ada lebih dari 300 juta pengguna kripto di seluruh dunia dan lebih dari 18.000 bisnis telah menerima pembayaran melalui cryptocurrency

Menurut rilis, pekan lalu, India memimpin dengan memiliki 100 juta pengguna kripto. Menyusul Amerika dengan 27 juta pengguna, dan Nigeria 13 juta.

Dikutip dari Triple A, Indonesia berada di peringkat 30 besar, di bawah Malaysia dan Vietnam. Dan diperkirakan ada 7,2 juta orang Indonesia yang memiliki cryptocurrency

Ssedangkan menurut data Asosiasi Blockchain Indonesia, per Juli 2021 mencatat pemilik kripto di Indonesia mencapai 7,4 juta orang. 

Angka ini meningkat 85% dibandingkan pada 2020 yang hanya berjumlah 4 juta orang. Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah pemilik kripto dinilai lebih banyak dibandingkan jumlah investor saham yang memiliki 2,7 juta investor.

Sementara itu, data Indodax menunjukkan per November 2021, angka pemilik kripto sebanyak 4,7 juta pengguna. Meningkat pesat 99,76%, dibandingkan pada akhir 2020 yang hanya berjumlah 2.2 juta investor.

Berdasarkan data administrasi kependudukan per Juni 2021, jumlah penduduk Indonesia berjumlah 272 juta. Hal ini, dapat diartikan dengan tingkat penyerapan kripto saat ini, kurang lebih 2,7% penduduk Indonesia telah memiliki kripto. 

Melihat hasil tersebut dapat terlihat peluang aset kripto di Indonesia dapat berkembang dan menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat.