Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Terapkan Teknologi Baru, XL Axiata Gandeng Cisco

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata menggandeng Cisco dalam penerapan teknologi baru pada jaringan XL Axiata. Melalui kerja sama ini, pemanfaatan teknologi Cisco Ultra Traffic Optimization (CUTO) diterapkan pada jaringan 4G XL Axiata. 

Pada pertengahan tahun 2021 lalu, XL Axiata dan Cisco telah melakukan serangkaian uji coba solusi CUTO. Setelah terbukti berhasil meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan radio, teknologi CUTO mulai diimplementasikan pada akhir tahun 2021. 

Terutama di di sejumlah area dengan tingkat kepadatan trafik data yang tinggi. Di tahun 2022, XL Axiata akan memperluas adopsi teknologi ini.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, teknologi CUTO, adalah yang pertama di Indonesia. CUTO membantu meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan sehingga infrastruktur jaringan seluler kami menjadi semakin lebih baik. 

“Dengan CUTO, XL Axiata dapat memberikan layanan data berkualitas tinggi kepada pelanggan, di mana pun mereka berada,” kata Gede, Senin (17/1).

Teknologi CUTO merupakan salah satu solusi yang tepat untuk diimplementasikan pada jaringan XL Axiata. Seringa dapat terus mendukung pertumbuhan trafik data pelanggan.

Dengan memberikan throughput dan pengalaman mobile broadband yang lebih baik kepada pelanggaa. Terbukti dari laporan pengukuran jaringan terbaru, throughput pengguna XL Axiata meningkat hingga sekitar 17% melalui penerapan CUTO.

“Dalam perjalanan bisnisnya XL Axiata terus berinovasi dan selalu dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman dan teknologi baru.  Kami melihat, hal tersebut mereka lakukan demi menjaga jaringan dan layanan data berkualitas tinggi agar dapat terus dinikmati oleh pelanggan setia,” papar Sanjay Kaul, Presiden Service Provider,Asia Pacifik dan Jepang Cisco

CUTO merupakan fitur optimasi yang dihadirkan oleh Cisco untuk meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan XL Axiata. Dengan mengandalkan algoritma artificial intelligence (AI) dan machine learning(ML). 

Dengan algoritma AI dan ML tersebut, CUTO mampu mendeteksi kepadatan jaringan dan mengoptimalkan trafik data. Sehingga penggunaan kapasitas jaringan dapat lebih efisien tanpa menurunkan pengalaman pelanggan XL Axiata. 

Melalui sejumlah fitur canggih CUTO, kapasitas jaringan dapat diperbesar tanpa harus melakukan upgrade jaringan sebagaimana halnya solusi konvensional. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER