Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank BNI Dukung Program Smart City dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Konsep inovatif Kota Pintar semakin diminati pemerintah daerah. Bank BNI berkomitmen mengembangkan layanan perbankan terintegrasi teknologi informasi dalam tata kelola kota dan kabupaten. 

Terdapat enam konsep utama dalam smart city. Yaitu smart people, smart governance, smart infrastructure, smart environment, smart economy dan smart society

Terbaru, BNI menyelenggarakan penandatanganan Nota Kesepahaman perihal Penggunaan Fasilitas Layanan Jasa Perbankan dan Dukungan Program Smart City antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 

Kerja sama ini meliputi wilayah Pemerintah Kota Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Kota Sawahlunto, dan Pemerintah Kabupaten Agam. 

Nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama mencakup  pembentukan ekosistem smartcity, pembayaran transaksi digital, pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah. Sekaligus pengelolaan bank sampah di area binaan di 6 pemerintah daerah tersebut.

Direktur Jaringan dan Layanan BNI, Ronny Venir menyampaikan, konsep smart city menjadi salah satu pembahasan berbagai forum internasional. Seperti Forum G20 Bidang Digital di Agustus 2021. Konsep smart city juga mulai dilirik investor.

Sumatera Barat pula merupakan provinsi dengan potensi ekonomi kerakyatan yang sangat kuat. Ekosistem ekonomi yang terbentuk ini diyakini akan lebih kuat lagi terakselerasi dengan program smart city. 

“Kami sangat mengapresiasi seluruh dukungan dari Pemerintah Daerah Sumatera Barat. Tentunya program Smart City ini akan sangat membantu akselerasi kinerja sekaligus kesetaraan ekonomi masyarakat di Sumatra Barat,” kata Ronny, Selasa (18/1).

BNI juga turut mendukung program digitalisasi. Seperti solusi pembayaran atau belanja daerah. Program ini juga mencakup layanan solusi penerimaan serta penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) dan pengelolaan BNI Market Place.

Sehingga membantu pemerintah kota/kabupaten mempromosikan pariwisata daerah dan produk-produk UMKM dan memasarkan secara online dan go internasional melalui program Xpora. 

Program Smart City BNI juga menyediakan ekosistem uang elektronik seperti BNI Tapcash dan QRIS bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi non tunai atau cashless society. “Kami juga sediakan ekosistem digitalisasi pasar dan bank sampah,” ujarnya. 

Ronny mengungkapkan pada tahap awal kerja sama ini akan diwujudkan melalui ekosistem digitalisasi pasar di Pasar Raya Padang, moda transportasi tradisional bendi/delman di Sumatra Barat, dan bank sampah. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER