Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Grab Dukung Pemetaan Acuan Dasar Badan Informasi Geospasial

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Badan Informasi Geospasial (BIG) menjalin kerja sama dengan Grab. Keduanya mendukung kesuksesan Kebijakan Satu Peta atau One Map Policy (OMP).

OMP dalam mewujudkan tata kelola hutan dan pertanahan yang baik. Grab akan mengumpulkan lebih dari 10.000 point of interest (POI) atau titik koordinat di tiga kota dan kabupaten yang menjadi pilot project. Yaitu Sukabumi, Sumedang, dan Tasikmalaya.

Pengumpulan POI didukung oleh mitra pengemudi Grab dengan teknologi pengumpulan data Grab. Data POI yang didapatkan tersebut akan masuk ke dalam peta dasar BIG.

Ini acuan dasar pembangunan ekonomi daerah, serta akan masuk ke peta Grab. Sehingga memudahkan pelaku ekonomi seperti UMKM untuk diakses oleh masyarakat melalui layanan Grab.

Kepala Badan Informasi Geospasial, Muh Aris Marfai mengatakan, kerja sama ini bentuk kontribusi bersama BIG dan Grab memajukan perekonomian Indonesia. Khususnya dalam investasi dan perencanaan pembangunan melalui penyediaan data geospasial yang andal, cepat, dan akurat.

Hadirnya kolaborasi pilot project pengumpulan POI terbaru di tiga lokasi diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan di kota lain ke depannya. “Sekaligus bahan evaluasi untuk mengidentifikasi potensi-potensi baru,” kata Aris, pekan lalu,

Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi menyampaikan, trsedianya data POI yang aktual dan akurat dapat membantu pembangunan ekonomi di tiap kota dan kabupaten serta nasional.

Kolaborasi ini sejalan dengan misi Grab For Good untuk memberikan dampak positif lewat teknologi. “Harapannya kami bisa melanjutkan pilot project ini dan menjalankannya di lebih banyak kota di tanah air,” kata Neneng. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER