Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mencegah Pencucian Uang dan Terorisme, BI Gandeng Singapura

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) sepakat memperkuat dan mempererat hubungan kedua bank sentral di area kebanksentralan dan inovasi Sistem Pembayaran termasuk Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT).

MoU tersebut mencerminkan kepentingan bersama Indonesia dan Singapura berkolaborasi dalam berbagai proyek terkait dengan inovasi pembayaran. Serta kerja sama di berbagai area kebanksentralan lain.

Kerja sama di area kebanksentralan tersebut mencakup antara lain kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial, stabilitas keuangan, pengawasan sistem pembayaran dan setelmen, kerangka pengaturan dan pengawasan. Serta anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan, penandatanganan MoU tersebut memberikan kesempatan memperluas dan meningkatkan kolaborasi antara kedua bank sentral serta menjawab berbagai tantangan yang semakin kompleks di area kebanksentralan termasuk APU-PPT.

“MoU ini juga menunjukkan upaya kolaboratif kedua bank sentral dalam memajukan ekonomi dan keuangan digital. Serta memerangi tindakan pencucian uang dan pendanaan terorisme,” kata Perry, Jumat (21/1).

Managing Director MAS, Ravi Menon menyampaikan, BI dan MAS telah memiliki hubungan kerja sama yang terjalin di berbagai area sejak lama. Nota Kesepahaman ini menunjukkan komitmen MAS memperkuat kemitraan dan meningkatkan kolaborasi antara kedua bank sentral di berbagai area yang menjadi kepentingan bersama. Seperti inovasi keuangan dan konektivitas pembayaran. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER