Selasa, 23 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BAKTI Kominfo dan XL Axiata Sediakan Layanan 4G di 132 Titik 3T di Sumatera

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) besama XL Axiata menandatangani kerja sama Program Penyediaan Telekomunikasi Selular 4G di wilayah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T). Langkah ini guna mendorong transformasi digital masyarakat Indonesia. 

XL Axiata melaksanakan tugas dan tanggung jawab menyediakan layanan telekomunikasi dan data 4G di 132 titik di Sumatera. 

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, XL Axiata sangat menyadari tugas dan tanggung jawabmenyediakan jaringan dan layanan data sebagai infrstruktur utama transformasi menuju digital di semua bidang tersebut. Tidak terkecuali, bagi masyarakat di 3T yang sampai saat ini masih belum terjangkau jaringan telekomunikasi dan data. 

“Tersedianya layanan data/internet cepat, XL Axiata berharap mereka akan bisa membangun dan meningkatkan literasi digital. Sehingga siap memasuki era serba digital. Termasuk meraih manfaat,” kata Dian, Selasa (25/1). 

Kerja sama dalam Program Penyediaan Telekomunikasi Selular 4G di daerah 3T, yang mencakup 132 titik di Area 1-Sumatera. Yakni di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, dan Kepulauan Riau. 

Dengan tambahan 132 titik ini, maka semakin bertambah titik lokasi layanan di area 3T yang XL Axiata kelola. Termasuk yang melalui program kerja sama dengan BAKTI sebelumnya, yang tersebar di 62 kabupaten dan 17 provinsi. 

Dari daftar titik-titik lokasi jaringan 4G yang akan dikelola oleh XL Axiata di Sumatera, beberapa di antaranya berada di Samudera Hindia seperti Mentawai (Sumatera Barat), Nias (Sumatera Utara), serta Pulau Banyak dan Pulau Aceh (Aceh). Lalu ada juga Natuna dan Anambas (Kepulauan Riau) yang jauh di Laut Cina Selatan.

Selanjutnya di perairan Selat Malaka ada antara lain Pulau Jemur, Kecamatan Rupat Utara (yang berlokasi di Pulau Rupat), dan Kepulauan Meranti yang masuk Provinsi Riau. Titik lain desa-desa terpencil yang tersebar di Kabupaten Singkil (Aceh), Kabupaten Pelalawan (Riau), Kabupaten Rokan Hilir (Riau), Kabupaten Bintan (Kepulauan Riau), Kabupaten Karimun (Kepulauan Riau), Kabupaten Seluma (Bengkulu), dan Kabupaten Pesisir Barat (Lampung).

Di luar program ini, XL Axiata juga sudah menegaskan komitmen membangun jaringan 4G ke 861 desa terpencil. Selain itu, pada program sebelumnya, XL Axiata juga terpilih untuk mengelola ratusan titik desa terpencil yang tersebar di berbagai provinsi. (sen) 


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER