Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kominfo Tambah Bandwith dan Siapkan 5G Experience dalam MotoGP Mandalika 2022

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Persiapan MotoGP Mandalika terus dikebut. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate menyatakan, pemerintah menyiapkan 4G sebagai tulang punggung dan 5G experience selama MotoGP berlangsung.

Kementerian Kominfo juga menambah bandwith serta menyiapkan show case 5G. “Saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi. Tapi kita juga menyiapkan 5G experience. Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” ujar Johnny, pekan lalu.

Menurut Menkominfo cakupan layanan baik 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa lokasi strategis. Seperti berkumpulnya insan media, akomodasi, securityinternational airport dan venue sirkuit MotoGP Mandalika. 

“Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk show case demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kita siapkan untuk mereka menyiapkan 5G experience,” ujarnya. 

Sedangkan untuk penyelenggara telekomunikasi XL Axiata juga akan show case 5G dengan teknologi fixed wireles access dan immersive extended reality berupa virtual racing

Ada banyak nanti 5G yang ditempatkan di Mandalika untuk experience-nya memanfaatkan virtual reallity itu bisa nanti disaksikan. “Pada intinya kerjasama antara Kominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber optic kita koordinasikan terus menerus,” jelas Johnny. 

Mengantisipasi kenaikan pengguna telekomunikasi, Kementerian Kominfo menyiapkan spektrum tambahan. “Akan ada 110.000 pengunjung ke Mandalika, berarti traffic bandwidth tinggi. Kita harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internetnya juga lancar,” jelas Menkominfo. 

Menurut Menteri Johnny, rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2 mbps-3 Mbps kecepatan harus disiapkan. Saat ini, Kementerian Kominfo telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.  (sen)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER