Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

SehatQ Dukung Program Isoman Pemerintah untuk Pasien Positif Covid-19

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Startup health tech SehatQ mendukung program isolasi mandiri atau isoman yang diterapkan pemerintah untuk menekan angka penularan Covid-19. Program seiring peningkatan kasus positif Covid-19 varian omicron beberapa waktu terakhir.

Saat ini, layanan telemedicine gratis dari pemerintah sudah terhubung dengan 17 platform telemedicine. Salah satunya SehatQ.

“Telekonsultasi ini akan membantu mengurangi mobilitas pasien dan bed occupancy rate atau tingkat keterisian rumah sakit,” kata Andrew Sulistya, Chief Commercial Officer SehatQ, pekan lalu.

Guna mendukung kebutuhan pasien selama melakukan isoman, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyediakan telekonsultasi dan obat-obatan gratis.

Melalui layanan ini, pasien dapat berkonsultasi online dengan dokter tanpa batasan waktu. Dokter akan mengidentifikasi pasien melalui konsultasi online. Lalu merekomendasikan penanganan yang tepat sesuai kondisi pasien.

Dikutip dari situs isoman.kemkes.go.id, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dengan layanan telemedisin ini semua pasien Covid-19 konfirmasi positif akan mendapatkan layanan medis tepat waktu, tanpa perlu antre di rumah sakit. Dengan demikian, layanan rumah sakit dapat diprioritaskan untuk pasien dengan gejala sedang dan berat.


Isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 tanpa gejala atau yang memiliki gejala ringan. Selain itu, kriteria isolasi mandiri lainnya adalah pasien telah berusia minimal 18 tahun dengan kondisi rumah layak isoman dan berdomisili di Jabodetabek.

Kementerian Kesehatan menjelaskan tata cara memperoleh layanan telemedisin gratis dari pemerintah. Caranyapasien harus melakukan tes PCR atau swab antigen di laboratorium yang masuk dalam jaringan New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

Jika hasilnya positif, pasien akan menerima pesan dari Kemenkes melalui WhatsApp. Di dalam pesan tersebut, Kemenkes akan memberikan kode untuk mendapatkan fasilitas telekonsultasi dan obat gratis.

Setelah itu, pasien dapat berkonsultasi daring dengan dokter di salah satu penyedia layanan telemedisin melalui tautan berikut https://bit.ly/Isoman_SehatQ

Dokter kemudian akan memberikan resep sesuai kondisi pasien. Paket obat yang didapat pasien disesuaikan dengan resep tersebut. Selanjutnya, pasien dapat menebus obat di situs https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. (sen)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER