Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Prabowo Subianto Kunjungi Modernisasi Pesawat C130H TNI AU.

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Hanggar 4 GMF. Kunjungan meninjau progress project modernisasi kokpit dan penggantian center wing box (CWB) pesawat C130H TNI AU.

Proyek sejak Desember 2021 lalu ini pengalaman pertama GMF dalam pengerjaan modernisasi kokpit dan penggantian CWB pesawat C130H. Dengan dukungan transfer teknologi dari produsen pesawat, proyek menyelesaikan tahap removal sejumlah bagian pesawat. Seperti propeller, engine, dan outer wing.

Saat ini, GMF tengah melakukan tahap removal CWB. Harapannya, pengerjaan pesawat C130H pertama ini dapat diselesaikan pada Agustus 2022 mendatang.

Guna menjaga aspek safety, GMF telah mengantongi sertifikasi dari Indonesia Defence Airworthiness Authority (IDAA). “GMF juga terus membangun kolaborasi dengan experienced partner, serta memastikan kesiapan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki, termasuk diantaranya material, sumber daya manusia, sistem, fasilitas, tools dan equipment,” terang Andi, pekan lalu.

Untuk menunjang pengerjaan pesawat, GMF juga membuat SmartDock. Yakni tangga perawatan pesawat yang dirancang khusus untuk tipe pesawat tersebut dan dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih. Fitur ini mendukung dilakukannya otomasi, mempermudah proses pemeliharaan pesawat, serta meningkatkan aspek safety dan keamanan.

“Harapannya, apabila Indonesia memiliki kapabilitas, pekerjaan perawatan pesawat dapat memaksimalkan sumber daya yang ada di dalam negeri,” tutur Prabowo.

Industri pertahanan merupakan segmen yang saat ini tengah dikembangkan oleh GMF sebagai upaya diversifikasi bisnis Perseroan. “Proyek C130H merupakan langkah GMFberkontribusi menjaga kelayakan alutsista Indonesia. Serta mewujudkan rencana pengembangan pusat pemeliharaan dan perawatan pesawat udara milik industri pertahanan,” tutup Andi. (yos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER