Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Gandeng MoEngage, Alfagift Genjot Basis Transaksi Bulanan Pelanggan Sebesar 45%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Alfagift, divisi digital Alfamart yang menyediakan pengalaman belanja ritel dan manfaat keanggotaan secara online dan offline, bermitra dengan MoEngage.

Keduanya menghadirkan pengalaman ritel terhubung yang mulus dan lebih intuitif untuk para pelanggan. Melalui kemitraan ini, Alfagift meningkat 45% dalam basis transaksi bulanan pelanggan dan tingkat retensi 75% dari H0 ke H90. 

“Kami membangun Alfagift karena menyadari peluang besar menghadirkan pengalaman berbelanja baru melalui solusi omnichannel dan footprint yang luas bagi anggota setia kami,” kata Erick Alviyendra, Head of IT, Global Loyalty Alfagift, Rabu (8/2).

MoEngage memungkinkan meningkatkan visi Alfagift dan memberikan pengalaman belanja yang relevan dan personal bagi pelanggan. Terutama karena e-commerce terus berkembang pesat.

“Kami telah mampu mempertahankan lebih dari 50% pelanggan melalui aplikasi, yang memberikan hasil signifikan bagi brand kami,” kata Erick.

Sebanyak 15.000 gerai Alfamart di berbagai kota sudah semakin populer karena ketersediaan produk, variasi kategori, dan kemudahan berbelanja. Namun, tim Alfagift ingin meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memungkinkan pelanggan berbelanja dari mana saja dan kapan saja.

Alfagift diluncurkan dengan visi untuk menjadi aplikasi e-commerce untuk para pelanggan setia, serta memungkinkan pelanggan untuk merasakan pengalaman belanja pribadi dengan manfaat.

Seperti penawaran, diskon, dan loyalty point, serta produk yang lebih beragam seperti di toko fisik Alfamart. Saat ini, Alfagift menjadi salah satu dari 10 aplikasi teratas di Indonesia, dengan lebih dari 10 juta unduhan di Android dan iOS. 

Namun, dengan basis pelanggan aktif yang berkembang, pengaturan manual proses keterlibatan pelanggan terdahulu terbukti cukup rumit dan belum sempurna.

Dan menyebabkan kesenjangan dalam menganalisis jumlah Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU). Akhirnya menyebabkan penurunan dan penghapusan aplikasi seluler. 

Alfagift bermitra dengan MoEngage dan merancang strategi keterlibatan pelanggan berbasis wawasan. 

  • Meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan pada aplikasi dengan menciptakan perjalanan pelanggan. Menggunakan alur MoEngage, Alfagift memungkinkan pelanggan terlibat di setiap langkah perjalanan pembelian mereka. Alfagift melihat 29% peningkatan dalam perjalanan pemasangan aplikasi hingga pendaftaran.
  • Dengan menggunakan strategi keterlibatan yang intuitif dan gesit dengan campuran saluran berdasarkan tahap tindakan dan perjalanan, Alfagift meningkatkan DAU menjadi 214.000 dan MAU menjadi 1,4 juta. Secara keseluruhan, tim Alfagift mengamati adanya lompatan 2 kali lipat dalam pemasangan aplikasi baru dengan peningkatan 45% di DAU
  • Alfagift bekerja sama dengan MoEngage untuk menyoroti manfaat terkait loyalitas seperti poin, stempel, dan voucher untuk membeli produk apa pun. Hasilnya, Alfagift dapat mempertahankan 75% pelanggan dari H0 hingga H90.

“Ketika industri e-commerce semakin terus berkembang, sangat penting bagi brand seperti Alfagift untuk menonjol dari kerumunan. Melalui pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi dan seamless serta bermakna dan relevan,” kata Saurabh Madan, General Manager SEA dan ANZ, MoEngage. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER