Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Indosat Ooredoo Hutchison dan Inligo Networks Kerjasama Bangun Kabel Laut

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Indosat Ooredoo Hutchison dan Inligo Networks mengumumkan menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of Understanding (MoUyang tidak mengikat.

Kesepakatan untuk membangun sistem kabel telekomunikasi serat optik bawah laut berkapasitas tinggi. Berdasarkan MoU tersebut, Indosat Ooredoo Hutchison dan Inligo Networks sepakat membahas perjanjian kerja sama lebih lanjut untuk membangun ACC-1.

Kemitraan ini akan mendukung visi Indosat Ooredoo Hutchison untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia. Dengan mengembangkan jaringan data baru berlatensi rendah dan berkapasitas tinggi melalui kabel serat optik.

Serta menghubungkan Kota-kota di Indonesia ke Australia, Guam, Singapura, dan Amerika Serikat melalui perairan Indonesia sepanjang lebih dari 18.000 km.

Kemitraan ini hadir seiring Indonesia berupaya mempercepat transformasi digital. Temasuk mencapai ‘Indonesia Merdeka Sinyal 4G’ pada akhir tahun 2022.

s

Saat itu layanan 4G akan tersedia di seluruh Indonesia termasuk wilayah 3T. Sembari memperluas jaringan 5G sebagai landasan untuk solusi masa depan.

Pembangunan ACC-1 akan menghadirkan kekuatan jaringan hingga 128 Tbps di seluruh sistem. Memungkinkan Indosat Ooredoo Hutchison menyediakan jaringan yang lebih luas mencakup Indonesia bagian timur.

Dan meningkatkan kapasitas jaringan untuk layananBusiness-to-Consumer (B2C) dan Business-to-Business (B2B) yang lebih baik di seluruh Indonesia.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung mengatakan, kemitraan ini memungkinkan Indosat Ooredoo Hutchison menjadi mitra eksklusif untuk jaringan Inligo Submarine.

Menghadirkan konektivitas berkapasitas tinggi di Indonesia dan kawasan Pasifik lain. Termasuk potensi mengurangi biaya untuk mengembangkan konektivitas canggih yang menjangkau Kawasan Timur Indonesia.

“Lalu memperluas portfolio produk kami di layanan telekomunikasi wholesale. Kemitraan ini juga sejalan komitmen jangka panjang kami mempercepat agenda transformasi digital Indonesia. harus didukung oleh sistem kabel bawah laut yang canggih seperti ACC-1,” terang Desmond, Selasa (7/2).

Chief Executive Officer Inligo Networks, Brian Evans mengatakan, Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi kekuatan digital di Asia Tenggara.

“Kolaborasi kami dengan Indosat Ooredoo Hutchison akan mendorong konektivitas dan fungsionalitas yang lebih baik di Indonesia, Asia Tenggara, dan kawasan Pasifik. Seiring peranan penting jaringan kabel bawah laut dalam menghubungkan Indonesia,” terang Bt

Mega proyek ACC-1 Inligo Networks akan mulai dikembangkan pada akhir tahun 2022. Rute pertama menghubungkan Singapura, Batam, dan Jakarta.

Pada pertengahan tahun 2023, pembangunan kabel telekomunikasi bawah laut akan dilanjutkan dari Medan, Makassar, Kupang, Dili (Timor Leste), menuju Darwin (Australia). Berakhir dengan pembangunan dari Manado, Palau, menuju Guam pada akhir tahun 2023.

Proyek ini diharapkan akan selesai pada awal 2024. Menghubungkan Guam ke Los Angeles (Amerika Serikat), serta sepenuhnya menghubungkan Asia Tenggara, Australia, Pasifik, dan Amerika Serikat. (yos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER