Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Penopang Bisnis Internasional Bank BNI dari Trade Finance dan Remitansi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Ekspansi jaringan sekaligus penciptaan ekosistem bisnis di luar negeri menjadi rencana strategis ekspansi bisnis internasional 2022 Bank BNI

Bisnis utama internasional BNI berasal dari trade finance dan remitansi. Perdagangan luar negeri Indonesia di 2021, volume trade wkspor BNI tumbuh di kisaran 76,73 %. Sedangkan volume perdagangan impor BNI di kisaran 120,41 %. 

Hal ini turut mendorong kenaikan pendapatan berbasis fee atau fee based income perdagangan. Tahun lalu tumbuh 7,46% secara tahunan atau year-on-year (yoy).

Direktur Treasury dan Internasional BNI, Henry Panjaitan menuturkan, akselerasi pemulihan kinerja bisnis internasional BNI mampu menjadi motor pendorong kinerja perdagangan luar negeri Indonesia. 

BNI tidak sekadar mengikuti tren pertumbuhan. Juga aktif mencari ceruk-ceruk pertumbuhan bisnis internasional baru selama masa pandemi tahun lalu. 

Layanan BNI Trade Online sebagai solusi digital juga semakin diminati nasabah. “Tercermin dari penambahan pengguna yang cukup besar yakni sekitar 79,71 % di 2021,” katanya, awal pekan ini.

Sementara volume remitansi dari segmen korporasi tumbuh 8.4% yoy. Didorong oleh pemulihan perekonomian nasional di tahun 2021 serta ditunjang oleh pengembangan fitur outgoing remittance pada layanan cash management BNI. 

Kiriman uang dari segmen individual non- pekerja migran Indonesia tumbuh 6,8%. , Didukung partnership BNI dengan global payment provider di luar negeri dan pengembangan fitur outgoing remittance di layanan BNI Mobile Banking.

Sedangkan pada segmen pekerja migran Indonesia, menunjukkan kenaikan 2.2% yoy. 

Salah satu fokus pengembangan bisnis internasional ke depan adalah pemenuhan kebutuhan diaspora di luar negeri. “BNI tengah menyiapkan pembukaan rekening diaspora secara digital yang juga melibatkan Kantor Cabang Luar Negeri BNI,” kata Henry, Rabu (9/2). (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER