Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom dan Telkomsel Kembangkan Pemanfaatan Jaringan 5G di Kawasan Jababeka

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), bersama Telkomsel, dan anak usaha PT Jababeka Tbk, yakni PT Jababeka Infrastruktur (Jababeka) menjalin kolaborasi strategis untuk pengembangan teknologi 5G.

Pengembangan itu di Kawasan Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jababeka merupakan kawasan industri. Dan berhasil bertransformasi menjadi kota modern yang mandiri melalui hadirnya kawasan hunian asri dan komersial serta berbagai fasilitas terdepan. 

Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom, Teuku Muda Nanta menyampaikan, malui penandatanganan nota kesepahaman ini, diharapkan Telkom dan Jababeka dapat menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan dan memiliki manfaat bagi para pihak. 

“Kami berkomitmen mendukung upaya percepatan pengelolaan digitalisasi kawasan Jababeka menuju Jababeka Digitalized Township Ecosystem,” kata Teuku, Senin (14/2). 

Dengan menghadirkan jaringan 5G di Kawasan Jababeka, Telkomsel berupaya membuka peluang lebih luas kepada segmen enterprise untuk dapat memanfaatkan solusi digital berbasis internet of things (IoT). 

Vice President Area Account ManagementTelkomsel, Yogi R. Bahar mengatakan, pengembangan jaringan 5G di kawasan industri saat ini sangat penting. Mengingat tingginya kebutuhan sektor industri terhadap penerapan teknologi internet of things (IoT). 

Jababeka sendiri merupakan kawasan industri besar dengan lebih dari 2.000 perusahaan nasional maupun multinasional dari lebih 30 negara beroperasi di sana. Keberadaan jaringan 5G di kawasan tersebut akan mendorong lebih banyak perusahaan ] bertransformasi melalui penerapan teknologi IoT.

“Telkomsel siap menyokong digitalisasi tenant-tenant di kawasan Jababeka. Langkah ini sejalan dengan dukungan kami terhadap fokus pemerintah dalam mendorong implementasi industri 4.0 secara nasional. Dan tercapainya industri manufaktur yang mandiri, berdaulat, maju, berkeadilan, dan inklusif,” kata Yogi.

Tjahjadi Rahardja, Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur mengatakan, Jababeka Infrastruktur sebagai pengelola kawasan Jababeka tengah mempersiapkan diri menyongsong era industri 4.0 menuju Digitalized Township Ecosystem.

“Dengan kerja sama ini, diharapkan tenant kawasan Jababeka dan warga kawasan bisa mengenal 5G dan manfaatnya jika 5G diterapkan. Sehingga misi Jababeka untuk membantu semua tenant mencapai industry 4.0 bisa cepat terwujud,” terang Tjahjadi. (yos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER