Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Menjaga Keamanan dan Produktivitas Remaja di Media Sosial, Ini Langkah Instagram

BACA JUGA




Fintechnesia.com | Instagram menjaga pengalaman pengguna tetap aman dan nyaman. Terutama untuk pengguna remaja. 

Dalam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia, Instagram membagikan rangkaian tips kepada remaja untuk tetap menjaga keamanan dan wellbeing mereka. Instagram juga mengumumkan kehadiran Fitur Pengingat untuk Istirahat (Take A Break) untuk seluruh pengguna di Indonesia sejak diperkenalkan pertama kali di beberapa negara pada Desember 2021. 

Berikut adalah beberapa fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh remaja untuk memaksimalkan keamanan dan kenyamanan pengalaman mereka di Instagram.

  1. Fitur pengingat untuk istirahat (Take a Break) bertujuan untuk membantu pengguna dalam membuat keputusan yang tepat saat menghabiskan waktu mereka di Instagram. “Jika seseorang telah menggulir dalam jangka waktu tertentu, kami akan meminta mereka beristirahat dan menyarankan agar mereka mengatur pengingat untuk melakukannya di masa mendatang,” terang  Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, pekan lalu. 

    Hasil uji coba kami menunjukkan, 90% remaja tetap menggunakan fitur ini setelah menyalakannya. Neberapa bulan kedepan, Instagram juga akan mengaktifkan fitur ini secara otomatis kepada pengguna baru, khususnya akun remaja. Serta menyarankan mereka dari Reels.
  2. Menerapkan secara otomatis akun baru dibawah 16 tahun akan menjadi akun privat. Instagram mulai menggunakan teknologi untuk mencegah orang dewasa dengan aktivitas mencurigakan mengikuti atau berinteraksi dengan akun remaja. 

Instagram telah mengembangkan serangkaian fitur lain. Seperti atas (Limit). Dengan fitur ini, pengguna dapat menyembunyikan komentar atau DM dari akun yang tidak mengikuti Anda. 

Kata yang disembunyikan yang secara otomatis menyaring permintaan DM yang berisi kata, frasa, dan emoji yang menunjukkan ujaran kebencian. Sehingga Anda tidak perlu melihat dan membacanya. 

Blokir , membantu Anda memiliki opsi untuk memblokir akun mereka dan atau memblokir akun baru yang mungkin dibuat oleh orang tersebut terlebih dahulu. Ini akan mempersulit orang yang telah Anda diblokir untuk menghubungi Anda lagi melalui akun baru.

Intagran memahami beberapa jenis konten yang menurut sebagian orang cenderung adiktif dan berdampak negatif. Di sebut Nudges, sebuah fitur untuk mengarahkan orang ke konten yang menginspirasi serta mengalihkan pengguna dari menghabiskan terlalu banyak waktu untuk topik yang berpotensi memicu adiksi. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER