Selasa, 23 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Anabatic Gandeng Brankas Mengembangkan Layanan Open Banking

BACA JUGA


FinTechnesia.com | PT Anabatic Solusi Digital (Anabatic Digital), anak perusahaan dari PT Anabatic Digital Raya subholding dari PT Anabatic Technologies Tbk resmi menggandeng Brankas. Ini adalah perusahaan teknologi open finance dalam mengembangkan layanan open banking melalui fitur application programming interface (API).

Peningkatan akseptasi dan preferensi konsumen terhadap transaksi digital semakin meningkat selama pandemi. Open banking wujud nyata digitalisasi perbankan menghadapi berbagai tantangan saat ini. 

Open banking merupakan sebuah ekosistem, pihak ketiga (third-party) dapat mengakses ke data finansial nasabah dan produk perbankan atau jasa finansial yang ditawarkan perbankan dan institusi finansial lain. 

Dalam open banking, konsumen adalah pemilik data transaksi mereka sendiri. Bukan pihak bank. Sehingga konsumen dapat mengambil keputusan menarik dan membagi data mereka ke pihak ketiga yang terpercaya melalui open API secara aman.

 

Open API sendiri akan memungkinkan pihak ketiga untuk membuat aplikasi dan servis sesuai dengan kebutuhan layanan nasabah. Open banking  akan menciptakan industri sistem pembayaran sehat, dan inovatif serta akan mendorong implementasi secara menyeluruh solusi yang mendukung transformasi digital pada produk finansial. 

Presiden Direktur PT Anabatic Digital Raya, Nugraha Santosa, Nugraha Santosa menyatakan, digitalisasi layanan perbankan adalah sebuah keharusan. “Kami optimistis, kolaborasi ini akan memberikan added value pada industri perbankan, fintech maupun start up,” kata Nugraha, dalam rilis yang diterima FinTechnesia, Rabu (23/2).

Kerja sama kedua perusahaan akan menggabungkan keahlian. Anabatic Digital merupakan in-system integrated dan solution provider yang memiliki pengalaman mendalam mengimplementasikan solusi dan sistem keuangan serta perbankan.

Sedangkan Brankas merupakan teknologi open finance APIs untuk memudahkan akses serta membangun infrastruktur pada institusi perbankan.

Anabatic Digital  dan Brankas akan membangun ekosistem keuangan digital. Serta turut ambil bagian dalam meramaikan pasar menuju ekonomi digital.

Brankas juga fokus beroperasi di Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. Serta baru saja menutup pendanaan Seri B sebesar US$ 20 juta. Dipimpin oleh Insignia Ventures Partners dan VISA.

Dengan dukungan VISA, Brankas telah mengembangkan dan meluncurkan produk Data API termasuk Card Holder Transaction ScoreSpending Volume maupun Spending Behavior. Jadi bisa memberi penilaian kredit (credit acore) secara real-time atau instan ke nasabah saat mengajukan produk pinjaman online.

Brankas sendiri telah mengembangkan Open Source Core Ledger System sebagai alternatif Core Banking System yang lebih fleksibel, modular dengan biaya development dan maintenance yang terjangkau.

Terutama bagi pihak-pihak perbankan dan institusi finansial yang ingin meremajakan infrastruktur teknologi atau meluncurkan jasa neo/ digital banking. Hal ini telah diakui dan didanai langsung oleh the Monetary Authority of Singapore (MAS). (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER