Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Deposito BPR Melalui Komunal Mencapai Rp 350 Miliar

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Komunal DepositoBPR, platform penghubung deposan dan bank perkreditan rakyat (BPR), produk PT Komunal Sejahtera Indonesia mencatat transaksi deposito mencapai Rp 350 miliar enam bulan setelah diluncurkan. Deposito itu ke lebih dari 90 mitra BPR Komunal. 

Selain itu, Komunal telah menyalurkan lebih dari Rp 1 triliu kepada ribuan proyek UMKM melalui perusahaan afiliasinya, PT Komunal Finansial Indonesia. 

Per 31 Desember 2021 ada 134 jumlah BPR di Bali yang umumnya terdampak Covid 19. Mempercepat pertumbuhan perekonomian nasional, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan Buku Panduan Kerja Sama BPR dan financial technology (fintech) lending.

Kemitraan baru tersebut akan memberikan banyak manfaat baik bagi bank maupun nasabahnya. Bagi bank, kemitraan akan memberikan peluang untuk meningkatkan inovasi terhadap produk-produk yang ada. Termasuk juga saluran untuk produk layanan BPR/S kepada masyarakat yang jauh lebih luas. 

Bagi nasabah, kemitraan tersebut akan memudahkan mereka untuk memperoleh produk dan layanan perbankan dimana saja dan kapan saja diperlukan,” kata Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Giri Tribroto, pekan lalu.

Co-Founder Komunal Indonesia, Rico Tedyono menyatakan, manfaat BPR itusangat banyak sekali dan tidak kalah dengan bank umum yang sudah terdigitalisasi. “Dibuktikan dari suku bunga yang diberikan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga BPR yang terdaftar pada LPS dapat memberikan bunga deposito sampai dengan 6%,” kata Rico. 

“Kita tidak hanya membantu BPR, tetapi melalui Komunal, kita juga membantu UMKM-UMKM Indonesia sehingga banyak sekali komunitas yang dapat terbantu melalui produk ini. Karena itu, harapan saya, kami dapat lebih banyak membantu banyak orang yang membutuhkan informasi mengenai Komunal DepositoBPR melalui kolaborasi dengan para influencers, blogger, radio, media online dan BPR-BPR” kata Vice President Marketing and Communication Komunal Indonesia, Albert Kurniawan.

Selain kegiatan ini, Komunal juga menjalin kerjasama dengan BPR Lestari. Ini nlangkah awal bagi Komunal dan industri BPR untuk terus bertumbuh bersama komunitas-komunitas. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER