Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Layanan Beyond Banking BNI untuk 8 Juta Diaspora Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tak berhenti, Bank BNI menjembatani kepentingan Indonesia dan dunia. Salah satu pemangku kepentingan utama di dalam ekosistem bisnis internasional BNI adalah diaspora.

Saat ini diperkirakan mencapai 8 juta orang tersebar di seluruh dunia. Dengan kekuatan tersebut, diaspora dapat menjadi salah satu faktor kunci dalam membantu Indonesia kembali bangkit dari pandemi dan menyembuhkan luka ekonomi (scarring effect) akibat terpaan Covid – 19. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan perlunya perbankan nasional memberi dukungan terhadap para diaspora. Atas dasar itulah, Menteri BUMN menunjuk BNI untuk terus meningkatkan fokus pada ekspansi bisnis internasional. 

“Kolaborasi diaspora dengan perbankan nasional merupakan upaya untuk terus menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri. Menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, mendorong UMKM dalam negeri untuk Go Global, sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri,” kata Erick, dikutip dari situs BNI, Senin (21/2).

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengatakan, BNI berkepentingan menghubungkan ekosistem diaspora ini dengan berbagai Upaya. Ssalah satunya, menyediakan platform digital yang andal bagi berbagai kebutuhan layanan perbankan diaspora di luar negeri. 

Konsep platform itu sendiri tidak terbatas pada pelayanan transaksi keuangan. Melainkan juga berbagai kebutuhan yang melampaui pelayanan perbankan tradisional. 

Terlebih, menurutnya, komunitas diaspora di luar negeri merupakan ceruk bisnis luar biasa dalam ekosistem bisnis internasional BNI, seperti layanan perbankan pada pelaku mikro, kecil, dan menengah (UMKM), multinational company global maupun regional, korporasi dan anak perusahaan Indonesia di luar negeri, hingga financial institution atau investor.   

“Kami juga menyiapkan strategi untuk setiap pemangku kepentingan tersebut. Bagi UMKM, BNI menyiapkan solusi menyeluruh, unggul dalam trade dan ekspor dengan dukungan advisory yang kuat baik di domestik maupun internasional, dengan konsep yang kami sebut BNI Xpora,” ujar Royke. 

BNI menyajikan jaringan domestik dan insight tentang pasar Indonesia. Baik terkait regulasi dan koneksi bisnis, wawasan pasar, serta platform transaksi lokal.

Dia berpendapat, multinational company ini penting untuk terus diajak berdiskusi. Ini berkaitan langsung dengan foreign direct investment (FDI). Pada tahun 2020 saja mencapai US$ 28,7 miliar.

Sementara itu, bagi korporasi dan anak perusahaan Indonesia di luar Negeri BNI siap memberikan pelayanan perbankan lintas negara yang terintegrasi dan penyedia solusi internasiona. Segmen ini juga penting untuk diajak berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia karena mencapai 3.700 perusahaan. 

“Bagi Financial Institution atau investor, BNI siap menyediakan solusi lengkap untuk mengeksplorasi peluang investasi yang menarik di Indonesia,” imbuh Royke. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER