Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

ICS dan AWS Tanda Tangan Perjanjian Peningkatan Keterampilan SDM dan Kembangkan Fitur Lanjutan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Anggota Amazon Web Services (AWS) Partner Network (APN), ICS Compute yang juga merupakan mitra AWS Advanced Partner dan Solution Delivery Partner, meneken perjanjian kolaborasi dengan penyedia layanan cloud global, AWS. Perjanjian mencakup peningkatan keterampilan sumber daya manusia dan pengembangan fitur lanjutan di AWS.

Melalui perjanjian ini, ICS Compute akan meningkatkan penggunaan layanan AWS tingkat lanjut. Seperti analitik data, machine learning, Kecerdasan Artifisial (AI), dan serverless, untuk mendorong inovasi digital di Indonesia. 

ICS Compute membantu pelanggannya, antara lain Kawan Lama Group, Tempo Media dan Arista Group,  untuk melakukan transformasi dan menginovasikan kembali bisnis mereka melalui penerapan, modernisasi, dan pengoptimalan solusi cloud. Sehingga mendukung transformasi dan inovasi digital. Termasuk dalam manajemen keuangan cloud (FinOps). 

ICS Compute berencanamengembangkan praktik konsultasi FinOps bersama dengan AWS. Termasuk mempersiapkan tim lintas departemen, multidisiplin di bidang keuangan, konsultasi dan teknik. Selain itu, perjanjian mencakup pelatihan untuk peningkatan kapasitas tim sales, serta untuk peningkatan kapabilitas teknis dan pelaksanaan bisnis migrasi cloud yang dijalankan ICS.

FinOps diprediksi akan memainkan peranan yang lebih penting seiring dengan kian matangnya transformasi cloud di Indonesia. Sebagai bidang ilmu dan praktik budaya yang terus berkembang, FinOps membantu memaksimalkan nilai bisnis organisasi dengan mendukung tim teknik, keuangan, teknologi, dan bisnis dalam kolaborasi untuk mengambil keputusan belanja (spending) berdasarkan data. 

FinOps akan membantu tim mengelola biaya cloud mereka. Karyawan mencatatkan penggunaan cloud atas nama mereka masing-masing, dengan didukung oleh kelompok praktik terbaik dari pusat. 

Di Indonesia, permintaan akan SDM digital terampil sangat tinggi. Sebuah studi AWS mengungkapkan , Indonesia akan membutuhkan lebih dari 110 juta pekerja tambahan yang memiliki keterampilan digital pada tahun 2025. 

Sebagai bagian dari kolaborasi strategis dengan AWS, ICS Compute juga akan berpartisipasi dalam AWS re/Start. Prakarsa untuk membantu individu yang menganggur dan setengah menganggur untuk memulai karier mereka di bidang cloud melalui pelatihan berbasis kelas. 

Peluncuran Region AWS Asia Pasifik (Jakarta) pada Desember 2021 membuka peluang mengadopsi layanan cloud guna mewujudkan transformasi digital. Region AWS Asia Pasifik (Jakarta) menghadirkan kesesuaian yang lebih baik terhadap persyaratan pelokalan data, dan saat ini telah diterima dengan baik oleh sektor jasa keuangan.

“Kami berharap dapat tumbuh bersama generasi muda bangsa. Dan terus mengembangkan solusi yang tepat untuk bisnis Indonesia di semua level,” ujar Budhi Wibawa, Founder dan CEO ICS Compute, Kamis (24/2).

ICS Compute telah menjadi Mitra Konsultasi AWS sejak 2017. Sepanjang perjalanannya, ICS Compute telah meraih berbagai gelar,.

“Perjanjian ini akan memperkuat dan memperdalam komitmen bersama kami mengembangkan talenta digital. Serta membangun solusi cloud yang kuat dan inovatif untuk pelanggan bersama kami di Indonesia,” tutup Gunawan Susanto, Country Manager Indonesia, AWS. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER