Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Terra Drone Lakukan Inspeksi Tower Telekomunikasi Milik Pertamina

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Terra Drone Indonesia, perusahaan penyedia jasa pemanfaatan drone industri, berhasil melakukan uji coba inspeksi & pemodelan tower telekomunikasi milik PT Pertamina (Persero). Inspeksi di wilayah kerja Pertamina Hulu Rokan, Rumbai, Riau.

Objek yang diinspeksi mencakup integritas struktur tower serta guy wire/sling wire. Terra Drone juga mencoba melakukan pemodelan tiga dimensi pada tower telekomunikasi yang ada. Data yang dihasilkan drone berupa foto & video yang sangat detail & jernih untuk keperluan inspeksi visual.

Data-data tersebut kemudian ditinjau oleh seorang inspektur untuk menghasilkan laporan inspeksi yang komprehensif. Foto & video yang diperoleh juga dapat digunakan untuk melatih machine learning. Sehingga ke depan inspeksi dapat dilakukan secara otomatis menggunakan artificial intelligence (AI).

Drone itu berjenis multirotor. Jenis drone multirotor juga dapat digunakan untuk inspeksi struktur vertikal. Seperti flare stack, vent stack, mooring tower, transmission tower, serta power pole.

Dalam pengoperasiannya, drone terbang mengikuti ketinggian tower. Dengan jarak 5-10 meter dari tower untuk mendapatkan gambar yang detail & jernih oleh pilot Terra Drone yang terlatih dan berpengalaman.

Michael Wishnu Wardana, Managing Director Terra Drone Indonesia mengungkapkan, manfaat penggunaan drone dalam menginspeksi tower telekomunikasi ini adalah berkurangnya kebutuhan inspeksi visual yang biasanya dilakukan dengan cara memanjat. Cara ini memiliki risiko sangat tinggi bagi pekerja.

“Selain itu, inspeksi visual mendukung konsep predictive maintenance. Sehingga fungsi dari tower sebagai salah satu infrastruktur telekomunikasi dapat terjaga,” kata Michael, belum lama ini.

Terra Drone Indonesia sebelumnya sudah memiliki banyak pengalaman dengan PT Chevron Pacific Indonesia sebelum berubah menjadi PT Pertamina Hulu Rokan. Pengalaman tersebut diperoleh dari kerjasama antara Terra Drone Indonesia dengan PT Radiant Utama Interinsco Tbk. serta PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).

Terra Drone sangat mendukung pemanfaatan teknologi drone di sektor migas. Dengan pengalaman & sistem manajemen kualitas serta keselamatan yang dimiliki, Terra Drone percaya bahwa drone dapat sangat bermanfaat untuk diterapkan di sektor migas. Kedepannya, Terra Drone akan terus mempromosikan manfaat teknologi drone melalui berbagai kegiatan termasuk uji coba. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER