Jumat, 1 Juli 2022 | 20:49 WIB

Aturan JHT Cair di Usia 56 Online Akan Dibatalkan, Petisi Online Change Jalan Terus

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Akhirnya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan akan membatalkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua. Aturan ini memang menuai kritik. Penyebabnya, Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan alias BP Jamsostek tidak bisa cair sebelum 56 Tahun.

Salah satu kritik yang berulir adalah lewat petisi di laman Change.org. Melalui petisi bertajuk, www.change.org/batalkanpermenaker2-2022, seorang pekerja di Batam bernama Suhari Ete meminta Ida membatalkan aturan tersebut. Hingga saat ini, petisi ini telah didukung oleh lebih dari 428 ribu orang.

Merespons rencana pembatalan aturan ini, Suhari Ete mengatakan perlawanan masyarakat dan kaum buruh melalui petisi, protes di media sosial, maupun unjuk rasa di berbagai kota di Indonesia sudah memetik sebuah kemenangan.

“Semoga saja momentum JHT ini dapat menjadi titik awal yang baik untuk membenahi masalah ketenagakerjaan di Tanah Air, agar pemerintah lebih serius memperhatikan nasib buruh di tanah air dan tentu juga memperhatikan rakyatnya,” kata Suhari, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (3/3).

Suhari mengatakan, masalah perubahan aturan JHT ini merupakan puncak gunung es dari permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia. Menurut dia, segala permasalahan ini sewaktu-waktu bisa menjadi bom waktu jika tidak tertangani dengan baik.

Namun, meski sudah ada pernyataan resmi dari Menaker Ida, Suhari mengatakan belum akan menutup petisi tersebut dari laman Change.org. Ia baru akan menutup petisi ini setelah Menaker benar-benar mengeluarkan revisi atau surat resmi yang mencabut Permenaker tersebut.

Suhari juga mengucapkan terima kasih kepada 428.000 lebih netizen indonesia yang sudah mendukung petisi. “Seluruh aktivis buruh Indonesia, seluruh media di Indonesia dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu. Terima kasih untuk kemenangan kita ini,” katanya. (yos)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER