Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tumbuh 3,5% di 2021, Kredit Korporasi Bank BNI Menjadi Rp 287,4 Triliun

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Masih pandemi, Bank BNI membukukan pertumbuhan kredit korporasi pada akhir tahun lalu. Akuisisi nasabah baru sekaligus ekspansi pembiayaan pada proyek berkualitas masih akan terus diupayakan. Ini demi menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional.

Kredit korporasi BNI tercatat Rp 287,4 triliun, naik 3,5% secara tahunan. Penyaluran terbesar dari korporasi swasta yang tumbuh 7,6% secara tahunan menjadi Rp 180,4 triliun. 

Pertumbuhan kredit ini diikuti peningkatan daya saing suku bunga kredit di posisi 7,11%. Turun 84 basis poin dari 2020 yang berada pada 7,95%. 

Akuisisi nasabah korporasi BNI tahun lalu pun tergolong positif. Seperti Garudafood, Protelindo, Indofood, Ciputra, dan Mayora.

Direktur Corporate Banking BNI, Silvano Rumantir menyampaikan, pihaknya akan tetap proaktif mengupayakan peningkatan kinerja segmen korporasi pada tahun ini. 

Laju inflasi diperkirakan sangat terkendali. Sehingga menjadi stimulan pada pertumbuhan kredit sekaligus serta kualitas aset yang lebih baik.

“Kami akan terus mengakuisisi nasabah baru. Serta ekspansi pembiayaan pada proyek berkualitas baik dengan skema sindikasi maupun penyaluran fasilitas langsung ke individu perusahaan,” sebutnya, pekan lalu.

Ekspansi kredit korporasi tahun ini akan tetap berdaya saing seiring komposisi dana murah BNI yakni 69,4%. Hal inmenjadi bantalan bagi BNI. Suku bunga acuan BI (BI 7 days RR) diproyeksikan akan naik ke level 3,5%-4% di tahun ini. 

“Kami telah menetapkan Langkah strategis untuk mengoptimalkan dana berbiaya murah (CASA) dalam mendukung ekspansi bisnis yang lebih agresif kepada pelaku industri utama di sektor-sektor ekonomi unggulan,” imbuhnya. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER