Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Penelusuran Mbah Google, Orang Indonesia Makin Menggandrungi Gaya Hidup Hybrid

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Perubahan pandemi akan tetap ada, walau krisis mungkin telah mereda. Orang Indonesia menyadari, mereka akan lebih banyak beraktivitas di rumah hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. Sehingga mulai mencari informasi terkait produk yang mendukung gaya hidup hybrid.

Dalam rilis pekan lalu, orang Indonesia semakin mengetahui cara meningkatkan kualitas tempat tinggal. Salah satunya dengan meng-upgrade rumahnya dengan perangkat smart home.

Terlihat dari meningkatnya penelusuran terhadap “smart lamp” sebesar 22% dan “smart refrigerator” sebesar 42%. Minat penelusuran untuk “smart assistant” juga tumbuh 22%. Semakin banyak orang Indonesia yang mulai tertarik dengan konsep rumah futuristik.

Dengan semakin banyaknya orang Indonesia yang belajar dan sekolah dari rumah, mereka mencari cara untuk meningkatkan pengalamannya dengan digitalisasi.

Pada 2021, orang Indonesia lebih tertarik dengan gadget yang lebih canggih dan khusus untuk kebutuhan tertentu. Misalnya laptop untuk sekolah yang mengalami peningkatan lebih dari 82% maupun tablet kuliah lebih dari 100%.

Minat penelusuran “chromebook” juga tumbuh 73%. Semakin banyak konsumen yang mencari informasi tentang merek dan model tertentu yang mereka sukai.

Tidak hanya itu, orang Indonesia juga mencari aksesori teknologi yang melengkapinya. Tren penelusuran untuk “standing desk” meningkat 175%, “laptop stand” meningkat 44% dan “webcam laptop” juga meningkat 50%.

Permintaan smartphone serbaguna di Indonesia meningkat. Baik sebagai smartphone pertama atau untuk upgrade.

Orang Indonesia mengharapkan banyak fitur baru dan performa yang lebih baik. Terlihat dari minat penelusuran untuk “hp 5g” tumbuh 261%.

Penelusuran untuk “hp gaming 3 jutaan” juga ikut bertumbuh 20%. Masyarakat menginginkan ponsel yang dapat memenuhi kebutuhan bermain game mereka.

Seiring dengan kasus COVID-19 yang terus melonjak, minat penelusuran untuk “air purifier” meningkat 63% dan untuk “hepa filter” meningkat 73%.

Orang Indonesia juga membeli perlengkapan elektronik yang dapat membantu mereka mempertahankan kebiasaan sehat dan memantau tingkat kesehatan mereka. Terlihat adanya peningkatan pada minat penelusuran terkait “walking pad” sebesar 262%, “air fryer” sebesar 97%, dan “hitung langkah” sebesar 71%.

Ketika harus memilih perangkat untuk dibeli, orang Indonesia menggunakan sumber referensi digital untuk membuat keputusan. Bahkan ketika akhirnya mereka melakukan pembelian secara offline.

Terlihat dari pencarian “rekomendasi elektronik” di internet meningkat 78% dan penelusuran YouTube untuk “review gadget” meningkat 82%. Tapi diikuti dengan pertumbuhan penelusuran untuk “toko elektronik terdekat” sebesar 30% dan untuk “toko HP terdekat” dan “outlet HP terdekat” sebesar 20%. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER