Selasa, 23 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Nafsu Belanja Konsumen Indonesia Diprediksi Lebih Besar di Ramadan 2022

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Penyedia konten, pemasaran, dan teknologi monetisasi, InMobi merilis laporan terbaru “Gearing up for Ramadan 2022” (Persiapan untuk Ramadan 2022). Dirancang khusus untuk mendukung brands dalam menyempurnakan strategi pemasaran seluler saat bulan Ramadan.

Laporan ini menganalisa kebiasaan dan harapan konsumen Indonesia seputar pengalaman berbelanja mereka selama bulan puasa ini.

Temuan dari laporan InMobi mengungkapkan, sentimen konsumen di Indonesia lebih positif untuk tahun 2022. Sekitar 56% responden berencana menghabiskan setidaknya Rp 2 juta untuk berbelanja di Ramadhan tahun ini. Naik 48% jika dibandingkan dari tahun 2021. 

Baca juga: Telkomsel dan InMobi Kerjasama Mobile Marketing

Kegiatan berbelanja akan mencapai puncaknya di pekan pertama Ramadan. Dan 84% orang Indonesia akan menyelesaikan pembelian mereka sepekan sebelum Idul Fitri berlangsung.

“Kegiatan belanja biasanya meningkat saat menyambut kedatangan bulan puasa. Namun dengan pandemi, konsumen Indonesia cenderung lebih hemat dan mungkin lebih aktif berburu barang,” ujar Rishi Bedi, VP dan GM InMobi Asia Tenggara, Jepang, dan Korea, pekan lalu.

Laporan ini juga menjelaskan temuan tentang preferensi konsumen untuk belanja langsung di toko dan online selama bulan Ramadhan, serta bagaimana perilaku belanja dari Generasi Digital (Gen Z).


• 63% responden menyebutkan bahwa program diskon dan penawaran eksklusif dalam aplikasi sebagai alasan utama mereka untuk berbelanja di ponsel (online).
• 51% responden mencantumkan penerapan protokol kesehatan sebagai syarat utama saat mereka berbelanja langsung ke toko.
• 58% responden dari Gen Z cenderung berbelanja pada awal Ramadhan, dan sangat mengutamakan pengiriman gratis saat berbelanja online dari kebanyakan orang Indonesia.
• 41% responden Gen Z cenderung memilih jalan-jalan untuk liburan Hari Raya, dibandingkan 31% orang Indonesia pada kelompok usia lain. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER