Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perkuat Peran di Daerah, OJK Resmikan Tiga Gedung Kantor

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkuat peran dan fungsinya sebagai pengawas dan regulator lembaga jasa keuangan, pelindung konsumen sektor jasa keuangan, serta pendukung pemulihan ekonomi daerah. Salah satunya dengan keberadaan kantor OJK di daerah.

Kantor OJK di daerah memiliki peran yang strategis. Terutama dapat dengan segera mengoptimalkan program dan kebijakan untuk menciptakan sumber ekonomi baru. Lalu meningkatkan intermediasi lembaga keuangan dalam mendukung pembiayaan, dan memberikan perlindungan bagi konsumen sektor jasa keuangan.

OJK pada Selasa (15/3) melakukan  soft launching Gedung Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur. Terletak di Jl. Gubernur Suryo Nomor 28-30 Surabaya,

Dalam rangkaian soft launching ini, OJK sebelumnya telah meresmikan Kantor OJK Purwokerto dan Kantor OJK Malang.

“Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur ini akan memberikan ruang yang lebih luas bagi OJK dan sektor keuangan memberikan peran dalam kontribusi meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso d

Dalam mewujudkan gedung-gedung kantor OJK di daerah ini, OJK tidak menunggu untuk diberikan. Tetapi mengupayaka sendiri dengan dana yang berasal dari pungutan yang dikelola dan dioptimalisasi. Tanpa harus mengurangi kualitas penggunaan anggaran untuk pelaksanaan core function pengawasan sektor jasa keuangan.

Selama satu dasawarsa sejak OJK beroperasi, OJK telah memiliki 14 gedung kantor. Berada di Bandung Semarang, Palembang, Surabaya, Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Mataram, Malang, Ambon, Pekanbaru, Makassar, Kendari, dan Jayapura.

Dua gedung di antaranya merupakan hibah pemerintah provinsi. Dan lima bidang tanah juga telah siap dibangun yaitu di Medan, Tasikmalaya, Jambi, Lampung, dan Banjarbaru.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah berharap, di tengah format transformasi digital ilegal yang saat ini marak di masyarakat, OJK dapat semakin menunjukkan peran melakukan perlindungan konsumen serta semakin giat mengedukasi masyarakat.

“Hadirnya kantor OJK Regional 4 Jawa Timur ini juga diharapkan dapat menjadi penguat seluruh proses perjalanan industri jasa keuangan di Jawa Timur. mTermasuk dalam peranan OJK dalam mempermudah akses keuangan daerah” ujar Khofifah.

Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia berharap OJK dapat meningkatkan kecerdasan keuangan masyarakat Jawa Timur.,

“OJK selaku salah satu pilar dari KSSK diharapkan dapat berkolaborasi dengan stakeholder untuk membuat pemahaman yang lebih dalam kepada masyarakat untuk dapat memilih dan memilah dengan benar produk jasa keuangan. Termasuk investasi dan pembiayaan. Dengan hadirnya OJK di daerah, maka harus dapat membuat masyarakat semakin cerdas keuangan” kata Indah.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER