Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

BI Pertahankan Tingkat Suku Bunga Acuan di Angka 3,5%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) baru seja menaikkan suku bunga acuan. Nah beda dengan Bank Indonesia (BI).

Rapat Dewan Gubernur BI (RDG BI) memutuskan mempertahankan tingkat suku bunga acuan atau 7 Days Reverse Repo Rate (BI 7DRR) sebesar 3,5% pada Maret 2022. Begitu pula dengan tingkat suku bunga deposit facility dan bunga lending facility masing-masing tetap 2,75% dan 4,25% .

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengataka,n kebijakan ini mempertimbangkan kondisi ekonomi di global maupun domestik. Dari sisi global, Perry menilai pemulihan ekonomi global masih berlanjut.

Namun, Perry memproyeksi pertumbuhan ekonomi global lebih rendah dari prediksi awal yang sebesar 4,4% tahun ini. Pasalnya, ketidakpastian pasar keuangan global memberikan sentimen negatif untuk ekonomi dunia.

“Perbaikan ekonomi dunia berlanjut namun berpotensi lebih rendah dari perkiraan sebelumnya disertai ketidakpastian pasar keuangan global seiring dengan ekspektasi geopolitik Rusia dan Ukraina,” papar Perry, hari ini Kamis (17/3).

Rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) perbankan Januari 2022 tetap tinggi sebesar 25,78%. Dan rasio kredit bermasalah alias non performing loan (NPL) tetap terjaga, yakni 3,1% (bruto) dan 0,88% (neto).

Intermediasi perbankan pada Februari 2022 melanjutkan perbaikan dibandingkan bulan sebelumnya dengan kredit tumbuh sebesar 6,33% yoy. (yos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER