Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Good Doctor: Pengguna Telehealth Melonjak 40 Kali Lipat

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sejak pandemi, tingkat adopsi telehealth di Indonesia tumbuh pesat. Tidak hanya dari sudut pandang pengguna, juga dari investasi dalam industri kesehatan digital secara keseluruhan.

Perkembangan ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Dari perspektif penyedia telemedicine, Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia mengatakan, dua tahun terakhir, pengguna telehealth meningkat sekitar 40 kali lipat.

Perubahan perilaku konsumen terlihat dari pengguna telehealth yang meningkat dari 11% di tahun 2019 menjadi 76% di tahun 2021. Dari perspektif penyedia layanan kesehatan, mereka berpacu dengan waktu untuk membangun layanan telehealth baru atau menganjurkan penggunaan layanan telehealth yang sudah tersedia.

“Sedangkan dari sisi investasi dan pendapatan hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2019 jika kita mengingat masa pra-COVID,” kata Danu, pekan lalu.

Kementerian Kesehatan baru-baru ini meluncurkan roadmap transformasi digital kesehatan. Di berbagai kesempatan, Chief Digital Transformation Officer Kementerian Kesehatan, Setiaji menjelaskan, pemerintah sedang membangun ekosistem perawatan kesehatan yang komprehensif.

Kementerian Kesehatan sedang menggarap infrastruktur dan regulasi agar semua fasilitas kesehatan terhubung dengan platform Indonesia Health Service (IHS). Kementerian Kesehatan mengembangkan Citizen Health App, aplikasi yang akan menyimpan data kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.


Danu juga menjabarkan tiga peluang bagi para pionir start-up layanan kesehatan setelah pandemi. Akibat pandemi, perusahaan dan konsumen Good Doctor lebih mementingkan tindakan preventif daripada tindakan kuratif.

Banyak orang Indonesia menyadari jika memiliki penyakit kronis dan perlu ke dokter, Anda tidak harus segera pergi ke fasilitas kesehatan tradisional. Anda dapat berbicara dengan dokter melalui layanan telemedicine. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER