Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Maksimalkan TKDN dan Konten Lokal, Menkominfo Andalkan Peran BBPPT

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pembangunan Balai Besar Pusat Pengujian Perangkat Teknologi Informasi (BBPPT) dan Komunikasi merupakan upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)mengintegrasikan Indonesia menjadi bagian dari transformasi digital global. 

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mendorong BBPPT Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika memaksimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Dan sumberdaya lokal.

Balai ini penting sekali untuk device gate. “Walaupun kita sebagai konsumen, kita harus memaksimalkan peran TKDN dan konten lokal. Dan salah satu alat ujinya terdapat di BBPPT,” ungkapya, Kamis (17/3).

Menkominfo menyatakan agar BBPPT mengintegrasikan standar perangkat digital sesuai dengan acuan internasional.  Setelah mendapat sertifikasi dari Indonesia harus memenuhi standar global dan memenuhi kebutuhan standar-standar di negara-negara pengguna teknologi.

“Kerjasama dalam jaringan laboratorium global juga perlu dilakukan dengan berbagai negara di dunia ini. Kita tidak hidup sendirian, kita bekerja di dalam jaringan. Mari kita bangun relasi,” ajaknya.

Johnny mengingatkan agar belanja APBN selalu menggunakan produk dan hasil karya domestik. Dengan memaksimalkan pemanfaatan jaringan, produk dan tenaga ahli lokal untuk membangun ekonomi lingkungan sekitar.

“Berikanlah multiplier effect, berikanlah dampak bergandanya kepada UMKM, khususnya di lingkungan royek ini berada yaitu di Kota Depok. Baik di massa konstruksi maupun di massa operasi,” tuturnya. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER